Brilio.net - Kuliah sambil bekerja saat ini menjadi pilihan sejumlah mahasiswa. Cara ini dilakukan agar mereka nggak lagi bergantung pada orangtua. Alasannya, dengan bekerja mereka bisa “cari bebas”, untuk menyebut aman secara keuangan.

Cara inilah yang dilakoni Renny, 21, mahasiswa semester lima Universitas Indonesia Esa unggul, Jakarta. Setiap hari ia membantu sang tante yang membuka cafe es krim, Ice City di bilangan Grogol Jakarta Barat. Meski keponakan sang pemilik, Renny juga nggak segan untuk melayani pengunjung seperti membuat menu pesanan atau mengantarkannya ke meja konsumen. Nggak jarang dia juga merangkap sebagai kasir.

Renny © 2016 brilio.net

Suka memperhatikan koki di dapur saat meracik es krim.
© 2016 brilio.net/yani andriyansyah

Uniknya, keinginan Renny membantu sang tante bukan semata-mata mencari penghasilan lho. Dia juga ingin memperdalam ilmu komunikasi yang dia dapat di bangku kuliah. “Sebenarnya saya ingin belajar komunikasi cara menghadapi orang banyak seperti apa. Dari sini saya bisa tahu karakter banyak orang,” ujarnya kepada brilio.net, baru-baru ini.

Selama bekerja, Renny sering menghadapi berbagai tingkah laku pengunjung. Ada yang santun, biasa-biasa saja, hingga yang membuat heboh. Pernah satu waktu dia harus menghadapi seorang pelanggan pria yang tiba-tiba teriak-teriak di kamar mandi saat waktunya makan siang. Renny sempat bingung. Tapi dia punya cara untuk menenangkan si pria dengan bantuan seorang teman si pengunjung.

Renny © 2016 brilio.net

Udah bisa ngeracik menu es krim sendiri lho.
© 2016 brilio.net/yani andriyansyah

Selain belajar komunikasi, Renny juga mendapat ilmu baru, meracik aneka menu es krim. Hal ini dia pelajari secara otodidak dengan selalu memerhatikan koki di dapur. “Saya sering melihat membuatnya, terus coba-coba ngikutin,” katanya.

Sekarang, racikan menu yang ia buat nggak kalah dengan si koki. Renny juga nggak pernah malu ketika teman-temannya tahu ia menjadi pegawai cafe. Malah ia kerap mengunggah aneka menu es krim ke akun Instagram dan Path pribadinya. Beruntungnya, ia kuliah di kelas karyawan sehingga dengan mudah membagi waktu.

Renny © 2016 brilio.net

Nggak jarang melayani konsumen. © 2016 brilio.net/yani andriyansyah

Sebenarnya, Renny pernah bekerja di sebuah perusahaan, namun dia memilih keluar untuk membantu sang tante. Alasannya, dia juga ingin belajar cara membuka usaha sendiri. “Ternyata nggak mudah ya, banyak hal yang harus diperhatiin,” katanya.

Cara yang ia lakukan saat ini menjadi pijakan awal untuk menggapai cita-citanya yang ingin jadi entrepreneur di bidang kuliner. Salut deh.