Brilio.net - Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud MD) secara resmi telah diumumkan sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024. Pengumuman itu disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam acara di di kantor DPP PDIP di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, ia menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Memiliki karier yang mentereng, siapa sangka Mahfud MD justru memiliki hobi yang begitu sederhana.

Ya, dirinya begitu suka menyantap makanan di warung tenda pinggir jalan di Jogja. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini diketahui dulunya memang menghabiskan masa sekolahnya di Jogja.

"Dulu saya suka makan di warteg, waktu sekolah itu karena pertama tidak selamanya sempat masak," kata Mahfud MD dikutip brilio.net dari YouTube Sekretariat Kabinet RI, Rabu (18/10).

Alasan Mahfud MD enggan jajan kaki lima © Instagram

foto: Instagram/@mohmahfudmd

Terlahir dari keluarga di golongan ekonomi lemah, Mahfud MD yang kala itu masih duduk di bangku SMA terpaksa hidup pas-pasan. Bahkan, ada kalanya dia harus ngutang di warteg bila belum punya uang.

"Kalau di warteg itu kan bisa ngebon aja, langganan saya namanya Bu Darmo ya, datang ke situ nggak punya uang, uang belum datang atau uang sudah habis, uangnya sangat terbatas, nanti pas uang datang dihitung lalu bayar," beber pria 66 tahun tersebut.