Brilio.net - Beberapa waktu ini, media sosial Tanah Air sedang ramai memperbincangkan sebuah video yang memperlihatkan jasad WNI ABK kapal China yang dibuang ke laut. Sebelum sampai di Indonesia, video tersebut sudah menjadi sorotan media Korea Selatan.

Dilansir brilio.net pada Jumat (8/5) dari liputan6.com, pemerintah Indonesia pun telah mengonfirmasi kebenaran berita tersebut. Melalui Kementerian Luar Negeri, dilaporkan bahwa ada dua kapal ikan berbendera RRT yakni Long Xin 605 dan Tian Yu 8, yang beberapa hari lalu berlabuh di Busan, Korea Selatan. Diketahui kedua kapal tersebut membawa 46 awak kapal WNI dan 15 di antaranya berasal dari Kapal Long Xin 629.

Cuplikan video tersebut lantas beredar luas di Indonesia. Hal ini juga berawal dari sebuah video yang dibuat YouTuber Jang Hansol yang mengungkap mengenai berita mengenai jenazah anak buah kapal (ABK) Indonesia yang di buang ke laut itu. Dalam channel YouTube-nya, Hansol menjelaskan apa yang diperbincangkan media Korea tersebut. Setelah penjelasan tersebut diunggah, konten Hansol menjadi trending di YouTube. Tak sedikit netizen yang penasaran mengenai kabar para WNI yang berada di kapal tersebut.

Nama Jang Hansol bukanlah baru di media sosial. Pria Korea berlogat Jawa ini sudah dikenal dengan konten sisi menarik Korea Selatan. Buat kamu yang belum tahu mengenai Jang Hansol, yuk kenalan lebih dekat dengan pemilik channel Korea Reomit ini. Berikut ulasan fakta Jang Hansol yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, pada Jumat (8/5).

1. Berasal dari Korea Selatan.

Loading...

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Jang Hansol adalah salah satu dari deretan YouTuber terkenal di Indonesia. Pria berusia 26 tahun ini merupakan orang Korea asli. Hansol lahir di Daegu, pada 8 Mei 1994 lalu.

2. 16 tahun tinggal di Indonesia.

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Untuk kamu yang sudah lama mengikuti media sosial Hansol, pasti sudah mengetahui bagaimana awal mula ia berada di Indonesia. Pada awal perkenalannya, ia pernah menjelaskan sudah pindah ke Indonesia sejak tahun 1998. Hal ini dilakukannya bersama sang kakak karena keperluan pekerjaan sang ayah.

3. Fasih berbahasa Jawa.

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Salah satu yang menarik dari Jang Hansol adalah meski memiliki paras ala oppa Korea, namun ia memiliki logat medog selayaknya orang Jawa. Yaps, sejak pindah ke Indonesia pada usia 4 tahun, ia hidup dan besar di Malang, Jawa Timur. Menghabiskan waktu selama 16 tahun di Indonesia, Hansol sudah selayaknya orang lokal Indonesia lho.

4. Kerap membuat konten menarik seputar Korea Selatan.

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Jang Hansol yang dikenal juga sebagai Korea Reomit, membuat berbagai video menarik mengenai Korea Selatan. Sebagai orang yang tumbuh dalam budaya Korea dan Indonesia, ia kerap menjelaskan mengenai beberapa perbedaan menarik dalam dua negara ini. Mulai dari kegiatan sehari-hari hingga beberapa diskusi mengenai kehidupan sehari-hari dibagikan Hansol dalam channel YouTube-nya.

5. Berdonasi untuk lawan corona.

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Masa pandemi corona yang memberikan dampak besar pada kehidupan, membuat sebagian orang menggalang dana untuk orang-orang yang terdampak. Begitu juga dengan Jang Hansol, ia menyumbang Rp 50 juta kepada warga yang terdampak Covid-19 untuk membeli masker. Hasil galang dana tersebut juga digunakan untuk kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

INDONESIA BEBAS CORONA!! Rp.50.000.000 aku donasikan melalui kitabisa.com untuk teman-teman Indonesia yang masih lebih membutuhkan. . Bolo-bolo uang ini bukan nominal yang kecil buat aku, tetapi aku merasa uang ini jauh lebih berarti ketika aku bagikan kepada teman-teman yang lebih membutuhkan daripada aku pada saat ini. . Mungkin bolo-bolo juga tahu betapa susahnya BELI masker, hand sanitizer saat ini, kalau kita aja yang masih punya uang khawatir bagaimana untuk teman-teman kita yang bahkan tidak punya uang..? . Ayo rek mohon bantuannya kali ini, link sudah aku taruh di profileku. #TidakDiEndorse, tapi aku lebih merasa kaya dibanding waktu aku dapat sponsor/endorsean karena aku bisa berbagi kembali kepada teman-teman di Indonesia. . MOHON SHARE VIDEO INI KEPADA TEMAN-TEMAN DAN MARI KITA BEBASKAN INDONESIA DARI CORONA UNTUK SEMUA KALANGAN! Semua ini memungkinkan berkat bantuan: 1. @daewang.zzang 2. Keluarga Jang Hansol 3. Crew Korea Reomit 4. Bolo-bolo 5. Bantuan dari @kitabisacom yang cepat dan mau membuatkan page untuk ini . PLEASE BANTU SHARE DAN TAG TEMAN-TEMAN YA BOLO-BOLO

A post shared by Korea Reomit (@hansoljang110) on

6. Videonya soal jenazah ABK di kapal China trending di YouTube.

Jang Hansol © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hansoljang110

Baru-baru ini Hansol menjadi perbincangan lantaran mengungkap video mengenai jenazah ABK di kapal China yang dibuang ke laut. Hansol membantu untuk menerjemahkan video asli yang disiarkan dalam bahasa Korea tersebut. Hansol juga mendapat info tersebut dari salah satu orang yang memintanya untuk memberi kabar mengenai nasib para WNI karena belum tersiar di Indonesia. Video yang diunggah Hansol kini juga bahkan menduduki peringkat pertama dalam YouTube.