Brilio.net - Beberapa waktu terakhir, video parodi bertema gagal mudik karena virus corona Covid-19 ramai berseliweran di media sosial. Video-video ini menampilkan interaksi antara anak dan ibu yang diperankan seorang YouTuber, Muhammad Sofyan alias Ucup Klaten dan Mbah Minto.

Berkat videonya yang viral, kini sosok perempuan sepuh asal Bayat, Klaten itu ramai diperbincangkan banyak orang. Aksi kocak dan lugu Mbah Minto dalam setiap videonya mampu menghibur mereka yang tidak bisa mudik dan mengurangi rasa jenuh saat di rumah saja.

Pada salah satu video parodi yang diunggah ke akun YouTube Ucup Klaten, Mbah Minto melarang anaknya mudik agar tidak menyebarluaskan virus. Ia memaksa anaknya untuk tetap berada di perantauan namun dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Video berdurasi 6 menit 27 detik itu hingga Minggu (3/5) telah ditonton lebih dari 1,5 juta orang sejak pertama tayang pada 22 April lalu. Selain lewat YouTube Ucup Klaten juga memposting video-video parodinya bersama Mbah Minto di akun Instagram @ucup_jbsklaten.

Loading...

Menyampaikan pesan dengan cara kocak dan sederhana membuat video-video parodi Mbah Minto selalu berhasil menghibur. Bahkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beberapa kali mengunggah ulang video parodi Mbah Minto dan Ucup Klaten di akun Instagram pribadinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dengarkan kata mbah putri.... nek kangen tak kirimi poto. Ok to?

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) on

Kolaborasi Mbah Minto dan Ucup Klaten yang merupakan tetangga satu kampung ini mendulang kesuksesan. Beragam respons warganet membanjiri kolom komentar. Banyak yang memuji akting wanita 70 tahun tersebut. Tak sedikit juga yang jadi teringat akan sosok ibu dan mendoakan agar Mbah Minto selalu diberi kesehatan.  

"Si mbah koyo'e mantan artis layar lebar jaman soeharto, aktingnya apik mbah," ujar akun Eka Nurcahyani.

"Ya Alloh si mbah minta mirip emak ku yg sudah tiada kalo lihat vidio2 mbah minta jadi ingat emak sehat slalu nggeh mbah Minto semoga panjang umur nya Aamiin Yarobb'alamiin. Auto subscribe," ujar akun Lucy Durahman.

"Mbahe bener2 "make my day" Sehat selalu Mbahe & utk team nya semoga selalu creative," imbuh akun @Rejo Tangan.

"Sehat ya mbah minto, terima kasih sdh menghibur kita semua dgn pesannya. Semoga virus corona cepat hilang dari indonesia," tulis akun Adhigana Qs.