Brilio.net - Zaman yang serba modern kini banyak bermunculan profesi baru. Salah satunya, YouTuber. Profesi ini mengandalkan daya kreatif seseorang untuk membuat konten video yang diunggah melalui kanal YouTube. Mudahnya dalam mengunggah video, menjadikan seseorang mulai melirik profesi ini. Apalagi, penghasilan yang didapat dari menjadi YouTuber juga tidak main-main lho.

Seorang YouTuber yang telah memiliki banyak subscriber di kanal YouTube-nya bisa meraup pundi-pundi rupiah hingga ratusan juta perbulannya. Alhasil, banyak masyarakat biasa hingga selebriti Tanah Air yang menjadikan YouTube sebagai penghasilan tambahannya.

Meski terlihat mudah, kegiatan mengunggah video juga diperlukan ketekunan dan kesabaran. Seseorang perlu membahas tema video yang akan diangkat dan diperlukan editing sebelum bisa ditonton oleh orang lain.

Tak jarang karena ingin meraup penonton banyak untuk mengunjungi videonya, beberapa orang mengunggah konten yang kurang baik. Akhirnya, mengundang kontroversi dengan komentar negatif yang didapatnya. Siapa sajakah mereka?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber aksi lima YouTuber Indonesia yang tuai kontroversi, Selasa (5/5).

Loading...

1. Ferdian Paleka.

aksi youtuber tuai kontroversi instagram

foto: Instagram/@ferdianpalekawibisana

Nama YouTuber Ferdian Paleka tiba-tiba ramai dibicarakan publik lantaran aksi sosial abal-abal dengan berbagai paket sembako berisi sampah kepada dua waria yang mangkal di sudut kota Bandung. Aksinya tersebut ia unggah dalam format video di kanal YouTube-nya yang bertajuk Prank Kasih Makanan Ke Banci CBL. Tentunya, momen prank waria ini mengundang banyak reaksi geram dari warganet.

Banyak warganet yang menyayangkan aksi tidak terpuji itu. Hal ini membuat warganet mendesak Ferdian meminta maaf atas aksinya. Bahkan, waria yang ada dalam videonya tersebut diketahui mendatangi kantor Satreskrim Polrestabes Bandung pada Senin (4/5) dini hari. Mereka mengaku tak terima atas perbuatan Paleka yang menjadikan lelucon prank bantuan berisikan sampah.

2. Hasan Abdillah.

aksi youtuber tuai kontroversi instagram

foto: Instagram/@hasaanjr11

YouTuber Hasan Abdillah menjadi sorotan usai mengunggah video prank ojek online atau ojol di kanal YouTube-nya. Dalam video prank yang ia unggah, Hasan memesan enam kotak pizza dengan total harga mencapai Rp 1 juta. Saat orderan tersebut tiba, YouTuber ini mengaku bahwa dirinya tidak membuat orderan tersebut. Aksi tidak terpujinya ini bahkan hingga membuat driver ojol menangis.

Meskipun uang driver ojol tersebut diganti dan 6 kotak pizza yang dipesannya diberikan kepada driver ojol, video yang viral tersebut mendapatkan banyak hujatan dari warganet. Melihat respons tersebut, Hassan kemudian menghapus videonya dan mengakui kesalahan dengan permintaan maaf.

3. Ericko Lim.

aksi youtuber tuai kontroversi instagram

foto: Liputan6.com

Sosok Youtuber Ericko ‘Soapking’ Lim juga mengundang kontroversi lantaran video challenge yang ia unggah di kanal YouTubenya. Dalam video tersebut, ia melakukan tindakan kurang terpuji dengan memakan bulu kemaluannya sendiri dengan roti. Hal ini lantas ramai menuai komentar dari warganet. Banyak dari mereka yang memberikan respons negatif terhadap Ericko Lim.

4. Kemal Palevi.

aksi youtuber tuai kontroversi instagram

foto: Instagram/@kemalpalevi

Tak hanya menggegerkan pengikutnya di Instagram, namun Kemal Pahlevi juga menuai kontroversi lantaran mengunggah konten YouTube mengenai promosi gerakan Crowd Funding. Ini merupakan gerakan untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bentuk sumbangan dana sebagai upaya membuat pesawat buatan dalam negeri.

Dalam videonya tersebut, Kemal memang hadir mempromosikan Crowd Funding, namun banyak yang menyayangkan adegan saat Kemal menunjukkan sepatu seharga 95 juta kepada B.J. Habibie. Tak hanya itu, Kemal juga kemudian melempar sepatu tersebut setelah B.J. Habibie menebak harganya.

Bahkan tak hanya sekali menuai kontroversi. Di video yang lain, Kemal juga mendapat kecaman lantaran Kemal mengunggah vlognya yang menanyakan ukuran bra ke beberapa wanita yang masih berusia 14 tahun.

5. Ria Ricis.

aksi youtuber tuai kontroversi instagram

foto: Instagram/@riaricis1795

Adik dari Oki Setiana Dewi ini juga sempat ramai diperbincangkan. Ia pernah dihujat oleh warganet dengan komentar pedas setelah membuat konten membuang squishy ke laut di kanal YouTubenya. Banyak warganet yang menganggap aksi yang dilakukankannya dapat mencemari lingkungan. Ricis pun akhirnya menghapus video squishy dari channel YouTube-nya.