Brilio.net - Debat Pilpres 2019 tinggal menghitung hari. Debat pilpres kali ini bakal dipandu oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Penunjukkan keduanya sudah disepakati oleh masing-masing tim sukses pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Mengenai tema, untuk debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi, terorisme.

"Moderator debat pertama akan dimoderatori Ira Koesno dan Imam Priyono," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman di kantornya, Jakarta Pusat, yang dikutip brilio.net dari merdeka.com (14/1).

Mengenai jadwal dabat, KPU telah menetapkan yakni debat pertama jatuh pada 17 Januari 2019. Debat kedua akan dilangsung satu bulan setelah debat pertama selesai dijalankan, yakni 17 Februari 2019. Debat ketiga pada 17 Maret 2019. Sedangkan debat keempat pada 30 Maret 2019. Sementara untuk debat kelima, KPU belum memutuskannya.

Terkait penyeleggaraan debat, sosok moderator selalu mencuri perhatian publik, tak jarang mereka pun menjadi bahan pembincaraan publik. Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa nama Karni Ilyas dan Rosiana Silalahi sempat diajukan oleh kubu nomor 2 untuk menjadi moderator.

Namun, Karni Ilyas sendiri sebenarnya menolak menjadi moderator dengan alasan debat capres layaknya hajatan besar. Menurutnya debat capres sebaiknya dimoderatori oleh yang lebih muda dan cekatan.

Loading...

Pada akhirnya, KPU memutuskan bahwa debat akan dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Sosok Ira Koesno sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, tapi nama Imam Priyono menjadi yang baru ditelinga masyarakat Indonesia.

Lalu seperti apakah Imam Priyono yang dipercaya menjadi moderator dabat Pilpres 2019 ini? Berikut potretnya yang dilansir brilio.net dari Instagram @imamtvri.

1. Imam Priyono diketahui baru pertama kali diberi kepercayaan untuk memandu debut pilpres. Sebelumnya ia sempat memandu debat pilkada serentak di beberapa daerah.

Imam Priyono istimewa

2. Imam Priyono sempat memenangkan Abang None Jakarta pada tahun 2004, bersama Rizka Ismalia Putri sebagai None Jakarta.

Imam Priyono istimewa

3. Saat ditunjuk sebagai moderator debat, ia sempat kaget. Alasan Imam ditunjuk memang terkait televisi yang mendapat giliran menayangkan debat, TVRI.

Imam Priyono istimewa

4. Imam Priyono pertama kali bergabung di TVRI pada tahun 2010.

Imam Priyono istimewa

5. Kini Imam sudah menjadi jurnalis senior dan bertugas meliput di Istana Kepresidenan.

Imam Priyono istimewa

6. Imam, kerap tampil di TVRI sebagai presenter senior yang membawa siaran berita pagi di TVRI.

Imam Priyono istimewa

7. Pria kelahiran 1980 ini pernah menerima Anugerah KPI dalam kategori presenter berita terbaik pada tahun 2016.

Imam Priyono istimewa

8. Selain menjadi presenter, Imam juga kerap tampil menjadi MC di banyak acara.

Imam Priyono istimewa

9. Imam Priyono pernah menjadi moderator pada debat ketiga Pilgub Sulawesi Selatan, memandu debat ketiga Sumatera Utara, dan juga memandu debat terakhir pada Pilkada Bali.

Imam Priyono istimewa

10. Keputusan KPU menunjuk dirinya sebagai moderator Pilpres 2019, merupakan suatu kehormatan bagi TVRI.

Imam Priyono istimewa

11. Imam diyakini KPU dapat netral dan independen sebagai moderator debat.

Imam Priyono istimewa

12. Kini Imam Priyono sudah menerima tawaran tersebut dan siap menajalankan tugasnya untuk menjadi moderator Pilpres yang akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019.

Imam Priyono istimewa