Brilio.net - Peristiwa mengejutkan terjadi di Paris, Prancis. Gereja penuh sejarah Notre Dame terbakar pada Senin malam (15/4) waktu setempat. Setidaknya 400 anggota pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang melalap bagian atas gereja katedral ini.

Upaya personel pemadam untuk menjinakkan api mengalami kendala karena letak gereja yang berada di pusat kota. Tak hanya itu kebakaran terjadi pada jam sibuk. Api yang menyala mulai dari atap ini kemudian menjalar ke beberapa bagian gereja katedral, termasuk puncak menara lonceng. Akibatnya menara dari gereja yang dibangun pada abad ke-12 ini runtuh.

Video detik-detik jatuhnya puncak menara Notre Dame berhasil diabadikan oleh masyarakat yang kebetulan menyaksikan kejadian itu. Terekam dari jauh, menara itu mulai terlihat tidak stabil sejak terbakar api. Puncaknya sekitar pukul 19.53 waktu setempat, menara ikonik dari gereja ini pun roboh.

Loading...

Dari video yang beredar di media sosial, terlihat puncak yang runcing itu jatuh perlahan-lahan seiring asap hitam membumbung. Dari kejauhan tampak orang-orang baik masyarakat setempat maupun turis yang menyaksikan kejadian nahas ini dari kejauhan.

Dilansir brilio.net dari laman nytimes, Selasa (16/4), belum diketahui pasti penyebab kebarakan ini. Tapi menurut saksi mata yang melihat, awalnya api terlihat dari sekitar scaffolding yang didirikan untuk keperluan renovasi. Peristiwa ini direspons cepat oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Ketika kabar ini beredar, beliau langsung mengunjungi lokasi kejadian.

Gereja Notre Dame merupakan salah satu gereja paling bersejarah yang ada di Prancis. Didirikan pada sekitar abad ke-12, gereja ini jadi saksi sejarah revolusi besar yang pernah terjadi di Prancis dan juga saksi dari Perang Dunia.

Gereja ini memiliki arsitektur gotik ini menjadi monumen kedua terpopuler setelah Menara Eiffel. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, gereja katedral ini juga sebagai ikon wisata. Setiap tahunnya Notre Dame dikunjungi sekitar 13 juta wisatawan.