Pihak manajemen mengungkapkan jika sesaat sebelum kebakaran, terjadi percikan api yang mengenai bagian kubah. Kubah yang masih dalam tahap renovasi tersebut disusun menggunakan bahan yang mudah terbakar sehingga ketika terjadi percikan api dapat dengan cepat menimbulkan kebakaran.

Pihak manajemen juga menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun, ia belum dapat memperkirakan kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut. Dalam sebuah tayangan video, terlihat kubah masjid terbakar dan api menyala dengan sangat besar akibat tiupan angin kencang.

Setelah terbakar, perlahan kubah masjid pun ambruk. Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara memeriksa empat orang saksi yang berada di lokasi kejadian sebagai pekerja kontraktor PT DSAP yang tengah melakukan renovasi atap kubah Masjid Raya JIC.

Para saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), namun api justru semakin membesar dan keseluruhan kubah terbakar. Sembilan mobil pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta dikerahkan untuk memadamkan api.

 

@liputan6.sctv Masjid Raya Jakarta Islamic Center Jakarta Utara mengalami kebakaran. Petugas mengatakan bahwa bagian yang kebakaran merupakan kubah masjid. #liputan6sctv #sctv #berita #fypindonesia #fyp #tiktokberita #jakartaislamiccenter #kebakaran #masjid #masjidterbakar Astaghfirullah (Robbal Baroya) - Islamic Qasidah