Brilio.net - Seperti yang kita ketahui, kubah merupakan salah satu unsur paling penting dalam bangunan masjid. Kubah sendiri pada umumnya berbentuk seperti separuh bola, atau kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Ya, dengan adanya kubah, suatu bangunan masjid akan sangat terlihat indah dan megah.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan arsitekur, beberapa masjid di belahan dunia bahkan memiliki bentuk kubah yang begitu yang unik. Sebutlah salah satunya adalah Masjid Sultan Ahmet Camii, di Turki. Masjid yang dikenal dengan sebutan blue mosque ini berdiri megah dengan kubah yang memiliki diameter 23 meter dan dilengkapi dengan 260 jendela kaca.

Namun, tak hanya diluar Negeri. Beberapa masjid di Indonesia juga tak kalah memiliki kubah yang unik. Bentuknya indah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber masjid-masjid di Indonesia yang memiliki kubah unik, Rabu (23/5).

1. Masjid Dian Al-Mahri.

masjid kubah © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@indoflashlightjabar

Masjid Dian Al-Mahri bisa dikatakan salah satu masjid terindah di Indonesia. Masjid yang berlokasi di Depok ini merupakan masjid yang kubahnya terbuat dari emas, masjid ini bahkan terkenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Kelima kubah masjid tersebut dilapisi emas 24 karat.

2. Masjid An Nurumi, Sleman.

masjid kubah © 2018 brilio.net

foto: trip-suggest.com

Masjid yang berlokasi di Jalan Solo Km 15 Kalasan, Yogyakarta ini memang mempunyai bentuk kubah yang unik. Seperti yang diketahui, masjid ini memiliki kubah yang atapnya bergaya Saint Basil Cathedral di Rusia karena bentuknya yang unik dan warna-warni.

3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh.

masjid kubah © 2018 brilio.net

foto: kanalaceh.com

Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Selain itu bangunan masjid yang indah ini juga disebut seperti Taj Mahal India. Keindahan ini rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

4. Masjid Raya Al-A'zhom.

masjid kubah © 2018 brilio.net

foto: Pergimulu.com

Siapa yang menyangka bahwa masjid dengan kubah terbesar di dunia berada di Indonesia? Ya, masjid tersebut adalah Masjid Raya Al-A'zhom yang berada di Tangerang. Strukturnya sendiri adalah tumpuk-tumpukan kubah setengah lingkaran. Masjid tersebut memiliki 5 buah kubah dan diameter 63 meter.

5. Masjid Al Fuqron, Tangerang.

masjid kubah © 2018 brilio.net

foto: artikel.masjidku.id

Tak hanya Masjid Raya Al-A'zhom, di Tangerang juga memiliki masjid dengan kubah yang inda, yaitu Masjid Al Fuqron. Masjid ini berada di Bandara Soekarno Hatta. Yang unik dan menarik dari masjid ini adalah kubahnya yang warna-warni yang menyerupai permen.