Brilio.net - Hujan lebat selama dua jam yang menguyur kawasan Gunung Ijen menyebabkan banjir bandang pada Rabu (29/1) siang. Banjir tersebut melanda Kecamatan Ijen (dulu bernama Sempolan), Bondowoso, Jawa Timur. Akibat banjir tersebut, tiga rumah warga rusak dan satu rumah rusak berat akibat terjangan air bercampur material dan lumpur.

Hingga kini, banjir sudah surut dan menyisakan lumpur tebal di rumah-rumah warga dan jalanan. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak kepolisian turun langsung untuk membantu warga membersihkan material lumpur.

Penduduk yang rumahnya tergenang lumpur, masih diungsikan ke tempat aman, sembari menunggu pembersihan dan situasi kondusif. Dilansir dari liputan6.com, banjir bandang tersebut menerjang 200 rumah di Desa Sempol. Dua orang warga Desa Sempol mengalami luka ringan dan seorang lansia harus dirawat di puskesmas setempat.

Dikutip dari merdeka.com, penyebab terjadi banjir bandang menurut Kukuh, adalah imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda pepohonan di Gunung Suket. Akibatnya, hujan deras yang turun ke gunung, tidak lagi mampu tertahan oleh akar pohon. Derasnya debit air kemudian turun ke lereng gunung, yakni Desa Pesanggrahan, dengan membawa lumpur.

Di media sosial, beredar video-video yang memperlihatkan detik-detik banjir bandang yang menerjang Kecamatan Ijen. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (30/1), berikut tujuh penampakan banjiir bandang di Bondowoso.

Loading...

1. Begini kondisi Kecamatan Ijen yang diterjang banjir bandang dengan warna air keruh bercampur material.

2. Polisi membantu mengevakuasi warga, terutama para lansia.

Banjir Bondowoso  Twitter

foto: Twitter/@HeriSasetiyo

3. Selain lansia, ibu-ibu dan anak-anak juga menjadi prioritas untuk dievakuasi.

Banjir Bondowoso  Twitter

foto: Twitter/@HeriSasetiyo

4. Banjir menyisakan lumpur tebal yang menutupi rumah-rumah warga.

Banjir Bondowoso  Twitter

foto: Twitter/@Polsekkemlagim1

5. Polisi juga membuka posko bencana banjir di kawasan tersebut. Terlihat lumpur tebal menutupi jalan.

Banjir Bondowoso  Twitter

foto: Twitter/@Polsekkemlagim1

6. Beberapa alat berat juga didatangkan untuk membersihkan lumpur.

Banjir Bondowoso  Twitter

foto: Twitter/@Polsekkemlagim1

7. Momen saat seorang nenek dievakuasi dari rumahnya oleh warga. Nenek tersebut bahkan sudah terkena lumpur.