Brilio.net - Gempa berkekuatan 6,9 mengguncang Banten dan sekitarnya pada pukul 19.03, Jumat (2/8). Gempa juga dirasakan di berbagai daerah seperti Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, bahkan sampai Yogyakarta.

"Gempa berpotensi tsunami, untuk diteruskan kepada masyarakat," tulis BMKG dalam keterangannya, Jumat (2/7/).

Usai kabar gempa menyeruak dan membuat heboh media sosial, muncul sosok viral disaat yang bersamaan. Ya, sosok Eyang Ibung yang disebut-sebut meramalkan gempa sesaat sebelum kejadian.

viral peramal eyang ibung  © 2019 brilio.net

foto: Twitter

Loading...

Saking ramainya, nama Eyang Ibung sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia, hari ini (3/8). Dilansir dari liputan.com, Eyang Ibung tak lain adalah sosok yang disebut warganet meramalkan kejadian gempa Banten empat jam sebelum kejadian di Facebook.

viral peramal eyang ibung  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Eyang Ibung

Diketahui lewat tangkapan layar unggahannya di media sosial, Eyang Ibung mengajak warga Facebook untuk segera melaksanakan salat asar.

"Yuk kita solat asar, sebentar lagi ada gempa...!" tulis pemilik akun Eyang Ibung.

viral peramal eyang ibung  © 2019 brilio.net

foto: Facebook

Dari hasil penelusuran brilio.net, akun Facebook Eyang Ibung mendadak hilang. Namun, beberapa akun yang mengatasnamakan dirinya banyak bermunculan di jagat media sosial. Hingga kini, belum ada yang bisa membuktikan kebenaran akun-akun tersebut. Warganet pun memberikan beraneka ragam respons. 

"Eyang Ibung adalah koentji! Hahahaha, sabi lau bray~," tulis pemilik akun @IndividuGila.

"ni eyang ibung syp jir??? sakti jg yh,," kata @XAHlTAM.

"Kalo kamu percaya sama ramalan #gempa Eyang Ibung, Ooo berarti kamu Peyang Gemblung," ungkap @anmus_trader pada akun Twitternya.