Brilio.net - Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, mengalami erupsi. Pengunjung dan warga sekitar diminta waspada. Gunung Tangkuban Parahu di Jawa barat erupsi pada Jumat (26/7) pukul 15.48 WIB. Menurut siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut.

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas," demikian pernyataan PVMBG Kementerian ESDM dikutip Antara (26/7).

Pengunjung tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu. Cuaca mendung dan hujan juga harus diwaspadai dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas," demikian pernyataan lanjutan dari PVMBG.

Lebih lanjut Kepala PVMBG, Kasbani menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal. Abu tebal tersebut mengarah condong ke arah timur laut dan selatan.

Loading...

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik," tulis Kasbani.

Gunung Tangkuban Parahu saat ini masih berada pada status level I atau normal. Ada beberapa rekomendasi yang diberikan PVMBG. Sebelumnya diberitakan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat kembali meningkat. Hal itu berdasarkan pengamatan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Senin (22/7). Dari hasil rekaman seismograf PVMBG, terpantau sudah terjadi 425 kali gempa. Berikut brilio.net rangkum beberapa momen letusan Gunung Tangkuban Parahu dari berbagai sumber, Jumat (26/7).

1. Potret letusan freatik Gunung Tangkuban Parahu pukul 17.29 WIB.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@vulkanologi_mbg

2. Penampakan abu vulkanik yang menyembur di sekitar tempat kejadian.

3. Banyak warga yang mendokumentasikan erupsi Gunung Tangkuban Parahu tersebut.

4. Penampakan Gunung Tangkuban Parahu dari jalanan sekitar.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@AbsyarmuhammD_

5. Jalanan di sekitar tempat kejadian dipenuhi dengan abu vulkanik semburan dari gunung tersebut.

6. Jalan dan bangunan yg biasa di gunakan parawisata tertutup abu akibat erupsi Gunung Tangkuban Parahu.

7. Kepanikan para wisatawan yang berada di lokasi kawah Gunung Tangkuban Perahu. Menyelamatkan diri dari lokasi erupsi.

8. Jalanan pun tertutup rata oleh abu vulkanik dari erupsi Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@timnasrevolution

9. Semburan abu tampak dari kejauhan pada Jumat (26/7) pada jam 16.00.

Gunung Tangkuban Parahu erupsi © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@YuzarAS

10. Penampakan langit saat semburan abu vulkanik.