Brilio.net - Pilkada serentak yang dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia berlangsung secara lancar pada Rabu (27/6). Salah satu wilayah yang jadi sorotan adalah Sumatera Utara. Memiliki dua pasangan calon kepala daerah bertanding, yakni pasangan nomor urut 1 (Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah) dan nomor urut 2 (Djarot Saiful H-Sihar Sitorus).

Merujuk pada hasil Quick Count Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang terkumpul 99,3 persen suara. Pasangan calon nomor urut 1 berhasil unggul dari Djarot-Sihar Sitorus. Pasangan Edy Rahmayadi dan Musa memeroleh suara sebesar 58,88 persen. Sementara itu Djarot-Sihar mendapat 41,12 persen suara.

Hasil survei hitung cepat dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan hasil tak jauh berbeda. Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah berhasil unggul di angka 57,16 persen suara dan Djarot-Sihar mendapat 42,84 persen suara.

Pada hasil hitung cepat lembaga Charta Politika, Edy Rahmayadi-Musa juga mendapat suara lebih tinggi yakni sebesar 60,21 persen dan Djarot Saiful dan Sihar Sitorus memeroleh 39,79 persen suara.

Ketiga hasil hitung cepat lembaga survei menyatakan pasangan calon gubernur Edy Rahmayadi dan Musa berhasil unggul. Pasangan calon nomor urut 1 di putaran Pilkada Sumatera Utara ini didukung oleh sederet partai besar yakni Partai Amanat Nasional, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Golongan Karya, Partai Hati Nurani, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat.

Setelah memenangkan hasil hitung cepat, Edy Rahmayadi menelepon Ketua Umum Partai Demokrat , Susilo Bambang Yudhoyono. Ia mengucapkan rasa terima kasih atas doa dan dukungan yang mengalir dari SBY atas keberhasilan di Pilkada Sumatera Utara hari ini.