Brilio.net - Perhelatan Pilkada 2018 menjadi perayaan demokrasi yang meriah. Banyak TPS yang mengusung tema unik untuk menarik perhatian pemilih. Mulai dari tema Piala Dunia 2018 hingga pernikahan.

Tak sekadar menyediakan bilik suara, kreativitas panitia pemungutan suara ini patut diacungi jempol. Salah satunya di Bandung mengelar lomba TPS unik. TPS yang paling unik bisa berkesempatan mendapatkan hadiah menarik.

Tak hanya Bandung, banyak daerah lain yang berlomba-lomba membuat TPS menarik. Hal ini tentu membuat pemilih jadi semakin tertarik untuk memberikan hak suaranya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, ini 5 TPS unik yang bikin penasaran, Rabu (27/6).

1. TPS dengan berbagai ornamen anyaman bambu.

TPS UNIK tak pakai tinta 2018 © 2018 brilio.net

Loading...

foto: Merdeka.com

TPS 6, Sawah Kulon, Pasawahan, Purwakarta ini memiliki konsep berbeda dari yang lain. TPS tempat Cawagub Deddy Mizwar mencoblos ini dipenuhi dengan kerajinan anyaman bambu.

2. TPS gunakan sari kunyit sebagai ganti tinta.

TPS UNIK tak pakai tinta 2018 © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

Cirebon mempunyai dua TPS unik di Pilkada 2018. TPS di Kampung Bendakerep dan TPS 26 di Kampung Lebakngok Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon ini menggunakan sari kunyit sebagai ganti tinta biru. Hal ini sudah menjadi tradisi di dua kampung tersebut.

3. Iron Man dan superhero lainnya datang ke TPS.

TPS UNIK tak pakai tinta 2018 © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

TPS 20, 21, 22 di RW 8 Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung menghadirkan superhero seperti Iron Man, Batman, dan Kapten Amerika untuk meriahkan Pilkada 2018. Alhasil, warga tampak sangat antusias berfoto bersama pahlawan super tersebut saat menggunakan hak suaranya.

4. TPS bertema pernikahan.

TPS UNIK tak pakai tinta 2018 © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

TPS 01 RW 01 Tidung Mariolo, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar ini temanya bikin penasaran. TPS tersebut tampak mengusung tema pelaminan. Petugas TPS juga tampil menggunakan pakaian adat kerajaan Bugis-Makassar.

5. Ada pocong dan hantu sebagai petugas di TPS.

TPS UNIK tak pakai tinta 2018 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@dagelan

Beda dari yang lain, TPS yang ada di pemakaman Bergota, RW 3 RT 7 Gunung Brintik, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang ini bertema seram. Tak hanya dekorasi yang bikin bulu kuduk merinding, para petugas juga tampil mirip hantu seperti pocong. Pemilih akan mendapatkan sensasi berbeda jika mencoblos di sini.