Brilio.net - Pesta demokrasi kini tengah dirasakan oleh beberapa daerah di Indonesia dengan diselenggarakannya Pilkada serentak. Salah satu daerah yang ikut dalam pilkada serentak ini adalah provinsi Jawa Tengah.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur ini ternyata memiliki dua kandidat yakni pasangan calon Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Hasil final quick count dari beberapa lembaga survei pun menunjukkan pasangan calon nomor urut 1 ini unggul.

Dari 100% data yang masuk menurut dua lembaga survei, SMRC menyatakan Ganjar-Yasin unggul dengan perolehan suara 58,58%. Sementara itu hasil dari Indobarometer menyatakan Ganjar-Yasin unggul dengan perolehan suara dengan angka 56,74%.

Dengan perayaan sederhana bersama keluarga serta kerabat, Ganjar mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada partai pendukung maupun pengusung dalam sebuah wawancara. Selain itu ia juga meminta maaf jika ada yang merasa terluka dan turut berjanji untuk sowan ke pasangan Sudirman Said-Ida jika diperkenankan.

pesan ganjar menang final quick count  © 2018 brilio.net

"Saya menyampaikan terima kasih kepada partai pengusung, partai pendukung, pada kelompok masyarakat, para relawan, semuanya lah yang sudah mendedikasikan dirinya sehingga kita bisa berikhtiar bersama-sama. Dan tentu saja saya menyampaikan salam takzim saya sama Mas Dirman-Mbak Ida, sama partai pengusungnya, sama pendukungnya dan saya minta maaf kalau ada yang tidak berkenan. Tapi percayalah silaturahmi ini tetap selalu dijaga dan insyaallah kalau diperkenankan saya akan sowan ke Pak Dirman-Mbak Ida dan para partai pengusung pendukung," ungkap Ganjar dalam wawancara oleh salah satu stasiun televisi swasta yang dikutip brilio.net pada Rabu (27/6).

Berjalannya pilkada di Jawa Tengah yang lancar rupanya membuat Mendagri buka suara. Tjahjo Kumolo mengapresiasi animo masyarakat di Pilkada Jawa Tengah.