×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Wajah sosok ini bakal kamu temukan di uang baru RI, kenalan yuk

View Image

0

BRILIO » Serius

11 Wajah sosok ini bakal kamu temukan di uang baru RI, kenalan yuk

Kamu sudah kenal mereka sebelumnya?

19 / 12 / 2016

Brilio.net - Bank Indonesia meluncurkan 11 uang rupiah baru, Senin (19/12). Presiden Joko Widodo, siang tadi resmi meluncurkan peredaran uang tersebut di gedung Bank Indonesia. 11 uang rupiah terbaru itu terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang rupiah logam. Uang rupiah kertas terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara untuk uang rupiah logam terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Sama seperti pecahan uang rupiah sebelumnya, jenis uang baru ini juga menampilkan gambar-gambar para pahlawan. Termasuk, uang logam yang biasanya hanya bertuliskan nominal saja.

Ada 12 pahlawan yang gambarnya diabadikan dalam uang rupiah keluaran terbaru ini. Biar nggak kuper-kuper amat, yuk simak pahlawan-pahlawan yang ada di uang rupiah. Siapa tahu ada yang belum kamu kenal. Seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/12):

1. Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Loading...

Kamu pasti tahu mereka. Kedua bapak proklamator ini memang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tokoh ini sangat melekat pada mata uang Rp100.000.

2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Tokoh satu ini juga digunakan pada sebuah bandara Internasional di Sidoarjo, Jawa Timur. Ir Djuanda ini pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10. Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I. Kini kamu bisa melihat sosoknya di uang 50.000.

3. Dr. G.S.S.J. Ratulangi

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Dri Gerungan Saul Samuel Jacob (G.S.S.J Ratulangi) atau biasa dikenal Sam Ratulangi ini merupakan pahlawan nasional Indonesia yang dulunya seorang aktivis kemerdekaan RI dari Sulawesi Utara. Ia juga dikenal dengan "Si tou timou tumou tou" yang artinya manusia baru dapat disebut sebagai manusia jika sudah memanusiakan manusia. Sam Ratulangi juga dikenal sebagai gubernur pertama Sulawesi Utara. Namanya juga diabadikan pada bandar udara dan universitas di Manado. Wajah Sam Ratulangi dapat kamu temui di mata uang Rp20.000.

4. Frans Kaisiepo

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Pahlawan satu ini berasal dari tanah Papua. Lahir di Biak, Frans Kaisiepo ini pernah menjadi seorang perwakilan dari Papua untuk membentuk negara Republik Indonesia Serikat. Bukan hanya itu, Frans juga menjadi Gubernur Papua. Ia juga yang mengusulkan nama Irian yang berarti pulau paling timur di Indonesia. Wajah Frans Kaisiepo dapat kamu temui di pecahan Rp10.000.

5. Dr. K.H. Idham Chalid

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Pada mata uang pecahan 5.000 yang baru, kamu akan melihat sosok Dr. K.H. Idham Chalid. Sosok satu ini merupakan ulama dari golongan Nahdlatul Ulama (NU). Idham Chalid pun pernah didapuk menjadi Wakil Perdana Menteri Indonesia pada kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda.

6. Mohammad Hoesni Thamrin

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Mohammad Hoesni Thamrin atau biasa disingkat MH. Thamrin adalah tokoh pergerakan nasional asal Batavia. Beberapa nama jalan juga menggunakan namanya, kini tak sekadar nama. Wajahnya dapat kamu lihat di pecahan mata uang dua ribuan.

7. Tjut Meutia

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Pahlawan perempuan asal Aceh ini menjadi satu-satunya pahlawan perempuan yang menjadi wajah baru mata uang RI. Kamu bisa melihatnya di pecahan uang seribuan.

8. Mr. I Gusti Ketut Pudja

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Mr. I Gusti Ketut Pudja adalah salah satu anggota dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). I Gusti Ketut Pudja ini mewakili Sunda Kecil yang kini dikenal Bali dan Nusa Tenggara. I Gusti juga pernah tercatat menjadi gubernur Sunda Kecil yang pertama. Penasaran rupa dari I Gusti Ketut? Coba ambil uang logam seribuan.

9. Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Tahi Bonar Simatupang (T.B Simatupang) tercatat pernah ditunjuk, Bung Karno untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia dengan masa jabatan 1950-1953. Kini wajah Letjend T.B Simatupang tertera pada uang logam 500.

10. Dr. Tjiptomangunkusumo

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Wajahnya tertera di mata uang logam besaran 200 rupiah. Berbicara namanya, tentu tak bisa dilepaskan dari sebuah organisasi bernama Tiga Serangkai. Tokoh pergerakan kemerdekaan ini juga terlibat dalam STOVIA, sekolah pendidikan di bidang kesehatan.

11. Prof. Dr. Ir. Herman Johanes

tokoh dalam mata uang © 2016 istimewa

Prof. Dr. Ir. Herman Johanes, pahlawan kelahiran Rote, Nusa Tenggara Timur ini pernah menjadi Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia ke-7. Ir Herman Johanes ini juga salah satu penggerak cikal bakal munculnya Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknik Bandung (STT Bandung). Wajahnya kini tersemat di pecahan uang seratus rupiah berupa logam.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more