Brilio.net -  Virus Corona atau COVID-19 awalnya diketahui menular pertama kali terjadi di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu. Namun kini penyebarannya dari manusia ke seluruh dunia. Hingga Selasa (19/3), angka infeksi Covid-19 mencapai 198.602 orang di 166 negara. Angka kematian untuk pandemi Covid-19 bertambah menjadi 7.988 dan pasien yang sudah dinyatakan sembuh menjadi 82.779 orang.

Banyak orang beranggapan bahwa virus Corona ini mirip dengan penyakit influenza. Namun para ahli berpendapat bahwa mereka tidak bisa memastikan lebih lanjut hingga data yang masuk lebih banyak. Tetapi mereka memperkirakan sejauh ini 1 persen virus Corona terjangkit pada anak muda dan lebih dari 3 persen terjangkit pada mereka yang berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit.

Jika dibandingkan dengan flu musiman, hanya 1persen dan diperkirakan menyebabkan kematian sekitar 400.000 orang setiap tahunnya secara global. Sementara SARS dan virus sejenisnya memiliki tingkat kematian lebih dari 10 persen. Namun WHO yakin bahwa COVID-19 ini bisa diperangi dengan bekerja sama dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

penggunaan masker yang benar agar terhindar Corona Istimewa

foto: latimes.com

Loading...

Selain untuk tidak keluar rumah selama beberapa hari ke depan dan membersihkan lingkungan rumah, orang juga harus memahami bagaimana cara memakai, melepas dan membuang masker secara benar agar virus Corona tidak menyebar. Berikit ini cara yang benar melakukannya seperti dilansir brilio.net dari who.int, Rabu (18/3).

1. Ingat, masker hanya boleh digunakan oleh petugas kesehatan, perawat, dan individu dengan gejala pernapasan, seperti demam dan batuk.

2. Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan dengan sabun atau air bebasis alkohol.

3. Sebelum menggunakan masker, periksa terlebih dahulu apakah ada lubang atau kotoran yang menempel.

4. Orientasikan sisi mana yang merupakan sisi atas (tempat strip logam berada).

5. Pastikan sisi masker yang tepat menghadap ke luar (sisi berwarna).

penggunaan masker yang benar agar terhindar Corona Istimewa

foto: news.sky.com

6. Letakkan masker ke wajah kamu. Jepit strip logam atau tepi kaku masker sehingga membentuk dibagian hidung.

7. Tarik masker ke bawah sehingga menutupi mulut dan dagu.

8. Setelah digunakan, lepas masker: Caranya, lepaskan loop elastis dari belakang telinga sambil memegang masker agar tidak tersentuh wajah dan pakaian kamu. Hal ini karena permukaan masker bisa saja berpotensi terkontaminasi virus.

9. Buang masker ke tempat sampah setelah digunakan.

10. Bersihkan tangan setelah menyantuh masker dan membuangnya ke tempat sampah. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol, jika perlu cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih.