×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kisah 5 topeng yang dipakai untuk ritual hukuman, bentuknya nyeremin

View Image

0

BRILIO » Serem

Kisah 5 topeng yang dipakai untuk ritual hukuman, bentuknya nyeremin

Topeng-topeng ini dibuat seseram dan setidaknyaman mungkin bagi penggunanya.

29 / 12 / 2017

Brilio.net - Topeng sebenarnya lebih dikenal dengan gambaran seram dan mistis. Banyak film horor yang pemeran antagonisnya menggunakan topeng seperti film Scream atau Friday the 13th. Topeng juga digunakan dalam beberapa budaya di Indonesia. Biasanya topeng dipakai penari kemudian diiringi dengan musik tradisional. Ada banyak tarian tradisional yang menggunakan properti topeng diantaranya Tari Topeng Cirebon, Reog Ponorogo dan Topeng Ireng Boyolali.

Tapi ternyata topeng pada zaman dahulu juga digunakan sebagai properti hukuman lho. Topeng-topeng ini dibuat seseram dan setidaknyaman mungkin bagi penggunanya. Bentuknya yang aneh dan seram bakal membuat yang melihatnya ketakutan dan yang memakai akan merasa malu.

Berikut ini 5 topeng seram dipakai untuk ritual hukuman yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/12).

1. Shame Masks.

topeng hukuman berbagai sumber

Loading...

foto: wikipedia.org

Topeng ini digunakan di negara Jerman pada sekitar abad 17 dan 18. Orang akan dihukum mengenakan topeng ini jika tertangkap melakukan kejahatan sosial. Misalnya bergosip, pelecehan dan kecerobohan sosial lainnya. Topeng ini memiliki massa yang lumayan berat karena terbuat dari besi. Masyarakat akan 'menggodai' si pemakai ini dengan ejekan dan siulan.

2. Tudung Belacu.

topeng hukuman berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Penjara paling sadis di Australia, Old Melbourne Gaol, mewajibkan tahanannya memakai tudung ini selama 24 jam sehari. Topeng ini membuat pandangan para tahanan terbatas dan membuat mereka susah untuk berkomunikasi dengan tahanan lain.

3. Scold's Bridle.

topeng hukuman berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Wanita di Inggris dan Skotlandia yang dianggap kelas bawah dan pembuat onar harus memakai topeng ini. Ini adalah hukuman sosial untuk perbuatan mereka. Topeng ini dipakai sangat ketat bahkan lidah si pemakai harus dijepit agar mereka tidak bisa berinteraksi dengan orang-orang.

4. Dirt Eater.

topeng hukuman berbagai sumber

foto: listverse.com

Para budak di Afrika Barat harus mengalami kelaparan dalam kesehariannya karena mereka jarang diberi makan oleh tuannya. Oleh karena itu mereka memakan tanah untuk mengurangi rasa lapar. Budak yang ketahuan makan tanah akan dipakaikan topeng Dirt Eater ini.

5. The Paracas Skull.

topeng hukuman berbagai sumber

foto: pinterest.com

Pada zaman dahulu wanita merupakan sosok yang lemah, topeng Paracas Skull ini diperuntukkan khusus untuk wanita. Namun hanya wanita tertentu saja yang harus memakai topeng menyeramkan ini. Seperti wanita yang suka bergosip, suka menguping dan juga mengintip.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    16%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    41%

  • Sedih

    16%

  • Marah

    16%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more