Brilio.net - Kemunculan makhluk tak kasat mata di sekitar kamu bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya, mereka merasa tidak nyaman karena wilayahnya diganggu manusia.

Tempat yang ditinggalkan juga bisa menjadi sarang makhluk halus tanpa adanya satu pun orang yang menghuni tempat itu lagi. Rumah, pohon, gedung kosong, bahkan toilet pun bisa jadi tempat bersinggah makhluk halus yang senang dengan tempat gelap, kotor dan tidak pernah digunakan.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (22/2) salah satu gedung di daerah Jl. MT Haryono, Jakarta Selatann yang sudah ditinggalkan sejak tahun 2009 ini menyimpan banyak kisah misteri. Desas-desus kejadian mistis di tempat ini juga banyak dialami oleh beberapa orang yang menjaga tempat ini. Dinamakan Menara Saidah, dengan nama pemilik Saidah Abu Bakar Ibrahim yang berdiri sejak 2001 ini terdiri dari 30 lantai.

Kantor yang pernah menempati gedung ini juga bermacam-macam, seperti Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, beberapa bank swasta, dan juga pernah menjadi tempat acara diadakannya meet & greet dengan artis lawas Inneke Koesherawati. Banyak juga cerita beredar bahwa gedung ini mengalami kegagalan konstruksi sehingga berdiri miring, yang membahayakan penghuni gedung ini.

Tetapi, pihak kontraktor tidak terima ketika kemiringan gedung ini disebabkan kesalahan konstruksi dan sebagainya. Banyak juga yang menambahkan manajemen gedung yang buruk, fasilitas lift yang lamban, serta harga sewa yang terlalu tinggi.

Lama ditinggalkan, membuat Menara Saidah tidak terurus lagi dan dibiarkan kosong. Kabarnya lantai 3 dari gedung ini adalah sarang dari berkumpulnya makhluk halus yang sekarang membuat Menara Saidah sebagai 'istana' mereka. Berikut beberapa cerita dari berbagai sumber tentang Menara Saidah yang masih santer terdengar di masyarakat.

1. Wanita cantik dengan gaun merah.

 menara saidah © 2018 brilio.net

Foto: kapanlagi.com

Satpam yang pernah bertugas saat Menara Saidah masih berdiri, pernah didatangi seorang wanita cantik yang minta diantar ke lantai 14 untuk menemui seseorang yang bekerja di menara ini. Saat diantar menuju lantai 14, lift terbuka, tetapi satpam tidak melihat lagi keberadaan wanita tersebut. Satpam pun pingsan dan ditolong satpam lain yang sempat tidak percaya adanya wanita bergaun merah.


2. Teriakan dan suara memanggil dari basement.

 menara saidah © 2018 brilio.net

Foto: blog.gogonesia

Lagi-lagi satpam yang bertugas diganggu dengan teriakan manusia dari basement parkiran. Suara ini pun terdengar ramai hingga satpam ini penasaran. Saat sampai di basement, ternyata tidak ada orang, auranya seperti keramaian namun tidak ada wujud manusia di sana. Satpam tersebut kabur karena ia dipanggil kemudian tiba-tiba dicolek di punggungnya.


3. Keranda jenazah yang misterius.

 menara saidah © 2018 brilio.net

Foto: Twitter/@kisahhorror


Banyak cerita yang mengatakan Menara Saidah dibangun di atas lahan kuburan yang tidak dipindahkan jenazahnya. Ya, menara tersebut berdiri di atas makam-makam yang diyakini warga sekitar mengapa menara itu berhantu hingga kini. Keranda mayat ini pun sempat terlihat di lantai 3 gedung ini, satpam pun heran mengapa di gedung semegah ini bisa ada keranda.


4. Lampu yang menyala dan mati secara bergantian.

 menara saidah © 2018 brilio.net

Foto: blog.gogonesia

Pejalan kaki yang lewat dan memperhatikan Menara yang sudah kosong ini di salah satu lantainya melihat lampu ruangan lantai tersebut menyala. Menyala, mati, lalu menyala lagi, itu menjadi hal yang sangat aneh ketika gedung ini sudah tak berpenghuni 9 tahun lamanya.


5. Lift yang lamban.

 menara saidah © 2018 brilio.net

Foto: blog.gogonesia

Saat gedung ini masih berpenghuni, manajemen sudah berkali-kali ddiprotes akibat lift yang lamban dan sering mengganggu aktivitas bekerja. Pernah didatangkan paranormal, lift itu dihuni makhluk halus yang sudah diperbaiki dan tetap juga lamban saat digunakan.