Brilio.net - Santet merupakan sebuah legenda di Indonesia. Dalam buku The Secret of Santet, dikatakan ada 4 penggolongan energi santet yakni kuning untuk pelet, merah untuk memikat, putih untuk penyembuhan dan hitam untuk santet yang menyakiti. Santet hitamlah yang berkonotasi negatif.

Kisah santet paling terkenal ialah Calon Arang. Ia merupakan wanita yang mengirimkan energi gaib untuk membuat orang mati. Pasti ngeri ya kalau masih ada Calon Arang yang lain.

Namun tenang saja, pendekar silat A Masruri dalam bukunya The Secret of Santet, memberikan tips untuk menangkal santet. Simak baik-baik ya..

1. Tidur di lantai.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

Loading...

foto: thesleepjudge.com

Konon jin mengandung muatan negatif (-) dan bumi juga mengandung muatan negatif (-). Jika kandungan muatan sama, maka logikanya akan terjadi saling tolak. Itulah sebabnya jika orang terkena santet diminta tidur dilantai agar jin tidak akan mendekati. Tapi hati-hati masuk angin ya.

2. Tersenyum dan tertawa.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Santet gampang menyerang orang yang dirundung emosi. Ketika seseorang emosi yang berwujud rasa khawatir, takut, gelisah dan lain sebagainya, maka pertahanan tubuh dianggap lemah. Oleh sebab itu santet akan mudah menghampiri.

Berbeda dengan orang yang sering tertawa, akan terjauh dari santet. Hal ini karena tertawa mengeluarkan hormon penangkal stres. Jika orang tidak stres dan bahagia, maka pertahanan tubuhnya kuat sehingga terhidar dari santet. Senyum dulu yuk.

3. Menanam tanaman penangkal santet.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Menanam tanaman yang mengandung banyak air dan akarnya tidak menancap terlalu dalam ke tanah konon dapat menghindarkan dari santet. Tanaman itu antara lain kelor, pepaya, kenanga, talas hitam dan tebu hitam. Melalui tanaman tersebut kita dapat mendeteksi santet.

Apabila tanaman tersebut layu, berarti pemilik rumah baru saja dikirimi santet. Kenapa bisa layu? Karena santetnya terbelokkan menuju tanaman, bukan menuju pemilik rumah. Tapi kalau tanaan layu karena gak pernah disirami, beda cerita ya..

4. Memakai aksesori dari kayu anti ular.

santet Headline © 2017 brilio.net berbagai sumber

Ular identik dengan setan. Apabila kita memakai kayu anti ular, maka akan terhindar dari setan atau santet itu sendiri. Kayu yang ditakuti ular antara lain kayu liwung, setigi, nagasari dan minging.

Kayu-kayu tersebut dapat dibuat sebagai aksesori seperti tasbih gelang, kalung dan lain sebagainya. Bisa tampil trendi sekaligus kebal santet nih.

5. Memelihara kucing.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: boredpanda.com

Prinsip menangkal santet menggunakan kucing kurang lebih sama dengan mengguakan tanaman penangkal santet. Apabila ada santet masuk ke rumah, maka yang akan dihantam ialah kucing terlebih dahulu. Nah jika kucing tiba-tiba mati, berarti baru ada kiriman santet. Wah kasihan kucingnya yang mati ya..

6. Merang ketan hitam.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: bukalapak.com

Seorang paranormal kondang, Mbah Roso, menyatakan merang ketan hitam dapat menangkal segala ilmu gaib. Caranya sederhana, simpan merang ketan hitam pada dompet dan tempat manapun. Bisa juga dijadikan gelang. Simpel nih.

7. Tidur setelah tengah malam.

santet © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: alltutorials.info

Walaupun sudah dipercaya tidur di lantai dapat menangkal santet, namun Absin seorang kyai dari Probolinggo malah menyatakan lebih baik tidur setelah tengah malam. Menurutnya tidur dilantai tidak akan membantu banyak dalam menangkal santet, karena santet sifatnya seperti strum.

Jadi yang menempel di tanah justru gampang terkena santet. Absin menyatakan yang paling mudah untuk menangkal santet ialah tidur setelah tengah malam karena santet hanya dikirim sebelum waktu tersebut. Kata Rhoma Irama, begadang boleh saja, asal ada perlunya.