×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Bangunan bersejarah ini konon dibangun dengan bantuan makhluk gaib

View Image

0

BRILIO » Serem

5 Bangunan bersejarah ini konon dibangun dengan bantuan makhluk gaib

Beneran atau mitos belaka?

24 / 02 / 2018

Brilio.net - Tak sedikit bangunan sejarah di dunia ini yang berdiri dan meninggalkan misteri hingga kini. Didirikan puluhan hingga ratusan tahun yang lalu, banyak rumor dan cerita misteri yang simpang siur berkembang hingga zaman modern. Terkadang cerita-cerita tersebut turun temurun dilestarikan hingga dijadikan sebagai legenda.

Salah satu cerita mistis yang berkembang adalah berdirinya bangunan kuno yang dipercaya ada campur tangan makhluk gaib dalam pembangunannya. Mitos atau fakta yang pasti cerita tersebut terus berkembang dari zaman dulu hingga sekarang ini.

Tak hanya di Indonesia yang sebagian masyarakatnya percaya dengan hal mistis, namun kasus seperti ini terjadi di berbagai belahan dunia lain juga.

Berikut ini 5 bangunan bersejarah yang konon dibangun dengan bantuan makhluk gaib. Seperti yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/2).

1. Sumur Jalatunda, Indonesia.

Loading...

bangunan bersejarah dibantu makhluk gaib © berbagai sumber-foto: diengnesia.com

Sumur ini terletak di Banjarnegara. Meski namanya sumur, namun bentuknya tidak seperti sumur pada umumnya. Terlihat tempat ini terlihat seperti kolam atau danau yang berada di tengah rawa-rawa. Namun karena mitos yang berkembang di masyarakat, hingga kini tempat tersebut dikenal sebagai Sumur Jalatunda.

Mitos pembangunan sumur ini adalah Bandung Bondowoso yang mewujudkan syarat dari Roro Jonggrang untuk membuat sumur raksasa. Pada mitos yang berkembang disebutkan bahwa Bandung Bondowoso dibantu oleh pasukan jin untuk menyelesaikan sumur raksasa ini. Lalu terbentuklah Sumur Jalatunda.

2. Candi Prambanan, Indonesia.

bangunan bersejarah dibantu makhluk gaib © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Masih dari cerita mitos yang sama, Candi Prambanan ini juga dibangun oleh Bandung Bondowoso yang ingin meminang hati putri cantik Roro Jonggrang. Setelah selesai membangun sumur, syarat kedua yang diberikan adalah membangun 1000 buah candi dalam semalam. Masih dengan dibantu pasukan jin, Bandung Bondowoso hanya mampu menyelesaikan 999 buah candi saja.

3. Yester Castle, Skotlandia.

bangunan bersejarah dibantu makhluk gaib © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Yester Castle dulunya merupakan sebuah kastil yang dibangun pada tahun 1267 di Skotlandia. Sekarang, bangunan ini hanya tinggal reruntuhannya saja. Kastil ini dianggap mistis karena Yester Castle konon berhasil didirikan dengan tenaga satu orang saja. Ialah Sir Hugo de Giffard, pemilik sekaligus pembangun kastil ini.

Sir Hugo dikenal sebagai penyihir pada waktu itu. Oleh karena ingin membangun istana, Sir Hugo dipercaya memanggil pasukan jin yang diciptakan untuk membantu membangun Yester Castle. Hingga sekarang bangunan yang masih kokoh berdiri diantara reruntuhan itu dipercaya dulunya sebagai ruangan tempat penyihir ini melakukan ritual pemanggil pasukan jin. Kemudian reruntuhan itu diberi nama Goblin Hall.

4. Devil's Bridge, Wales.

bangunan bersejarah dibantu makhluk gaib © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Jembatan ini dibangun di antara dua bukit dengan jurang yang sangat curam di tengahnya. Dengan medan yang ekstrem, dipercaya tak ada manusia yang bisa membangun jembatan ini. Kemudian berkembang cerita bahwa Devil's Bridge ini dibangun oleh para jin. Tak hanya itu, dalam pembangunannya jembatan ini juga membutuhkan tumbal manusia. Devil's Bridge bisa berdiri tegak dan kokoh hanya dalam semalam saja.

5. Mukachevo Castle Palanok, Ukraina.

bangunan bersejarah dibantu makhluk gaib © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Kastil ini merupakan kastil tertangguh yang pernah berdiri selama masa perang di abad 14. Bangunan ini diinisiasi oleh Pangeran Fedor Koryatovich antara tahun 1396 sampai 1414. Namun satu hal yang menjadi masalah dari kastil ini adalah tidak tersedianya mata air. Padahal pekerja telah menggali sumur selama bertahun-tahun.

Akhirnya pangeran pun membuat sayembara berhadiah sekantung emas bagi siapa saja yang bisa menemukan mata air di sekitar bangunan tersebut. Mengejutkan, yang memenangkan sayembara tersebut adalah sesosok jin. Ia tiba-tiba muncul dan hanya dalam sedetik, sumur yang tadinya kering kerontang terdapat limpahan air yang tak terhingga.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    31%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    46%

  • Sedih

    15%

  • Marah

    8%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more