Brilio.net - Sundel bolong, pocong, dan kuntilanak merupakan hantu-hantu yang populer di masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa hantu tak kalah seram, namun sayangnya mereka tak terkenal. Hantu-hantu tersebut dipercaya sering mengganggu kehidupan masyarakat setempat.

Nah, berikut ini kumpulan hantu yang ada di Indonesia tetapi tak terkenal dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (25/6):

1. Jerangkong

foto: portalmitologi.blogspot.com

Berbeda dengan jalangkung, jerangkong ini berwujud tengkorak berjalan. Dalam mitosnya ia merupakan hantu pencuri telur. Konon hantu ini dulunya adalah seorang tukang sate.

2. Gundul Pringis

foto: tipsduadunia.blogspot.com

Hantu yang satu ini berwujud kepala saja tanpa badan yang bergerak dengan menggelinding di jalanan yang menurun, sambil tertawa kecil. Biasanya ia ada di jalan-jalan desa dan sering berkeliaran di malam hari.

3. Antu Banyu

foto: asliindonesia.net

Antu Banyu konon adalah hantu yang menempati Sungai Musi dan Muara Dua. Tak diketahui hantu ini berwujud seperti apa, tetapi bila ada kapal nelayan yang didatangi hantu ini, maka kapal tersebut akan tenggelam, lalu nelayannya akan dibunuh dan dimakan oleh Antu Banyu. Keesokan harinya mayat nelayan itu akan ditemukan berlubang di ubun-ubun hingga punggungnya.

4. Oreng Pote

foto: lakeybanget.com

Oreng Pote masih banyak dipercaya masyarakat di daerah Pulau Bawean, jawa Timur. Oreng Pote berwujud manusia berkulit putih pucat seperti mayat. Konon, siapa pun yang bertemu dengan Oreng Pote ini, maka akan mengalami musibah dan kesialan di hidupnya, dan juga hidup orang-orang di sekitarnya.

5. Nyi Mas Centring Manik

foto: commons.wikimedia.org

Meski namanya panjang, hantu ini tak berupa wanita cantik, tetapi justru nenek-nenek yang menggunakan baju berwarna merah. Konon, menurut masyarakat di Bandung, Nyi Mas Centring Manik ini adalah istri muda dari Prabu Siliwangi.

Kamu takut nggak? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Jurig Gonggo

foto: kucermis.web.id

Jurig gonggo adalah hantu yang terkenal di tanah Sunda. Masyarakat di sana percaya hantu ini ada di bawah jembatan yang gelap gulita dan suka mengganggu dua sejoli yang hobi pacaran di atas jembatan.

7. Lulun Samak

foto: kucermis.web.id

Disebut juga hantu tikar, lulun samak ini konon ada di sungai. Kalau kamu lagi main di sungai dan melihat ada tikar mengapung, lebih baik jangan didekati atau diambil. Konon kalau kamu ambil tikar tersebut, kamu akan tenggelam.

8. Jurig Lauk

foto: kucermis.web.id

Banyak yang percaya kalau hantu yang satu ini sudah ada sejak dahulu kala, dan ada di kolam ikan atau pemancingan. Banyak juga yang percaya bahwa jurig lauk tersebut merupakan hantu dari arwah ikan yang sudah mati.

9. Suanggi

foto: endenews1.blogspot.com

Hantu ini dulu semasa hidupnya konon adalah penyihir atau dukun dengan ilmu hitam yang sakti. Hantu yang satu ini kerap memakan daging manusia, dan kisahnya masih dipercaya di tanah Papua dan Maluku.

10. Kapuk Kamalintong

foto: kucermis.web.id

Hantu yang satu ini berwujud seperti pocong. Biasanya ia akan berkeliaran dan mengetuk rumah warga di malam hari meminta bantuan untuk melepaskan kapas yang menutupi lubang hidungnya. Duh, serem ya..