Brilio.net - Publik sempat dibuat terkejut dengan foto nyeleneh Alfiansyah Bustami alias Komeng di surat suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 kemarin. Tak pernah gembar-gembor, Komeng rupanya maju sebagai anggota DPD RI dapil Jawa Barat. Jika biasanya para caleg berpose dengan formal, komedian itu justru berpose dengan wajah yang lucu hingga mengundang komentar kocak netizen.

Dalam pesta demokrasi tersebut, Komeng berhasil suara terbanyak berdasarkan real count sementara KPU yang masih berlangsung. Menurut data resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Kamis (22/2), suara yang diterima oleh Komeng mencapai angka hampir dua juta pemilih, dengan total 1.946.652 suara.

Meskipun perhitungan suara baru mencapai 59,9 persen, tidak menutup kemungkinan bahwa suara Komeng akan terus bertambah hingga akhir perhitungan. Banyak yang dibuat terkagum-kagum atas perolehan suara yang didapat oleh Komeng. Kekaguman masyarakat makin besar lantaran Komeng selama ini hampir tak terlihat melakukan kampanye.

Dalam sebuah podcast bersama Deddy Corbuzier, Komeng mengaku bahwa selama masa kampanye, dirinya memang tak melakukan kegiatan tersebut. Namun begitu, ada satu hal yang menjadi faktor penentu lain hingga dirinya bisa dipilih oleh warga Jawa Barat.

strategi Komeng bisa raih suara tertinggi © berbagai sumber

foto: YouTube/Deddy Corbuzier

"Nggak, ngapain (kampanye)," ungkap Komeng dikutip brilio.net dari YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (22/2).