Brilio.net - Di tengah panasnya perolehan suara pada Pilpres 2024, nama Komeng justru muncul menjadi perbincangan sepanjang digelarnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari 2024 lalu. Mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dapil Jawa Barat, nama dan foto Komeng di surat suara banyak tersebar di berbagai linimasa media sosial.

Pencalonan komedian dengan jargon ‘Spontan Uhuy’ ini banyak diperbincangkan lantaran fotonya yang unik di surat suara. Saat banyak caleg yang memasang foto bergaya formal, Komeng justru tampil beda dengan pose yang nyeleneh. Meski begitu, nyatanya hal tersebut justru menjadi daya tarik yang membuatnya menonjol di antara caleg DPD RI dapil Jawa Barat lainnya.

Buktinya, pemilik nama asli Alfiansyah ini telah mendapatkan 1,5 juta suara dari total 52.31% data yang masuk ke real count KPU, Minggu (18/2) pukul 15.00 WIB. Suara tersebut sudah melewati para calon DPD RI Dapil Jabar yang lain. Bahkan perolehannya lebih banyak dibanding suara pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03 yang hanya memperoleh 1,4 juta suara.

komen meraup 1 juta suara berbagai sumber

foto: infopemilu.kpu.go.id

Hal ini tentu mengejutkan, mengingat Komeng maju sebagai peserta independen atau tidak terafiliasi oleh partai manapun. Terdapat 53 orang sebagai pesaingnya yang bersaing merebutkan kursi DPD RI perwakilan dari Jawa Barat. Pencalonan Komeng jadi perbincangan setelah satu satu pemilih menyadari betapa tidak biasanya foto Komeng di surat suara DPD RI dapil Jawa Barat.

Foto tersebut menonjol dari yang lain karena gaya penampilannya yang berbeda. Dalam foto tersebut, Komeng tampil dengan ekspresi dan mata melotot sehingga memunculkan nuansa humor. Afgiansyah, seorang Akademisi Komunikasi Media Digital dan Penyiaran mengungkapkan bahwa meningkatnya atensi masyarakat terhadap Komeng ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.