Brilio.net - Menjadi artis bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi, tidak semuanya memiliki latar belakang di dunia hiburan yang memuluskan kariernya. Banyak orang yang gagal, tetapi ada pula yang sukses jadi selebriti top.

Tentunya, kesuksesan mereka diawali kerja keras yang tekun. Ada banyak selebriti yang memulai kariernya yang berliku. Mereka harus berjuang untuk bisa jadi artis sehingga kini memiliki hidup layak. Salah satunya adalah komedian yang satu ini.

Pria ini ini pernah bercita-cita menjadi dokter. Namun, takdir berkata lain. Ia malah mengawali kariernya sebagai penyiar radio pada 1993-1996. Ya, sosok yang dibicarakan daritadi adalah Alfiansyah Bustami Komeng atau akrab disapa Komeng.

komedian top ini terjun jadi politisi © berbagai sumber

foto: Instagram/@indradewi2242

Setelah berkecimpung di dunia penyiaran, Komeng memutuskan untuk putar haluan dengan ikut serta dalam festival lawak. Pada 1990, bersama Rudi Sipit, Jarwo Kwat, dan Mamo, Komeng membentuk grup lawak bernama Diamor.

Komeng bersama dengan anggota grup lawaknya itu telah melewati perjuangan yang berliku. Salah satunya adalah ketika Diamor dibayar dengan kue dan diusir saat berniat menghibur di acara pernikahan.

"Katanya pernah (ngelawak) dibayar pakai kue ya, bang?" tanya Gofar Hilman, dikutip brilio.net dari kanal YouTube Gofar Hilman, Senin (19/2).

"Oh itu sih kondangan, sebenarnya nggak diundang. Saya setiap lihat janur biasanya menawarkan diri, jam terbang aja," ujar Komeng.

Pada saat itu grup lawaknya jarang mendapat pekerjaan mengisi acara di program televisi. Sebab itu, Komeng mengatakan untuk mengisi waktu, mereka kerap menawarkan diri untuk menghibur di acara pernikahan.

"Kalau dulu kan lawak mana ada program di TV, adanya selingan, kayak safari ada lagu tengahnya lawak itu juga 15 menit. Sebelum itu nggak ada, paling paket tahun baru, natal," cerita Komeng.

komedian top ini terjun jadi politisi © berbagai sumber

foto: Instagram/@komengfci

Pengalaman tak mengenakan lainnya dirasakan Komeng dan teman segrupnya. Komeng berujar, tak jarang juga mereka diusir ketika menawarkan diri di acara pernikahan.

"Ada yang ditolak, 'macam-macam aja lu orang lagi kondangan lu ngelawak', gitu ada juga yang diusir ya sudah kita jalan aja. Kalau liat janur berhenti 'coba ya coba ya'," ujarnya lagi.

Setelah terkenal bersama Diamor, pria berusia 53 tahun ini kian bersinar saat memandu program Spontan (1995-2004) yang tayang di televisi swasta nasional. Di sinilah slogan "Uhuy" tercipta.