Dari sebelum grand final, Kiki memang sudah digadang-gadang menjadi pemenang. Apalagi, beberapa kali makanannya menjadi pemenang dalam tantangan yang ada. Hal ini membuat nama Kiki semakin naik sebab kemampuan memasaknya yang hebat.

Bahkan dalam Grand Final ada satu momen dimana Kiki tampak memerhatikan Belinda yang kesulitan dalam mengeksekusi daging merah tersebut. Sehingga di foto berikutnya tampak Kiki yang menyambangi station Belinda dan membantu jebolan Le Cordon Bleu itu untuk memotongkan daging dombanya.

sosok Kiki runner up MasterChef © Instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11

Publik kini justru bersimpati dengan Kiki yang dinilai memiliki skill mumpuni ketimbang Belinda. Meski secara latar belakang pendidikan keduanya cukup kontras.

Dilansir brilio.net dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kiki merupakan alumni SMKN 8 Medan jurusan Tata Boga tahun 2018. Sementara Belinda berasal dari sekolah kuliner yang prestisius. Ia sempat bersekolah di Le Cordon Bleu, Selandia Baru yang dikenal di dunia sebagai salah satu sekolah kuliner ternama dan berhasil menyabet gelar Diploma De Cuisine.

Selama bersekolah, Kiki tak hanya belajar soal memasak, namun juga belajar soal table manner dan penyajian makanan. Keahlian ini juga diasah Kiki saat bergabung dengan komunitas Art Carving Medan. Kiki pun sempat menjadi pimpinan dalam komunitas tersebut dan berhasil menyabet beberapa juara dalam berbagai kompetisi seni memahat buah.

sosok Kiki runner up MasterChef © Instagram

foto: Instagram/@kiki.mci11

Kiki pernah menyabet juara Medan Fusion Culinary 2017, juara Festival Kuliner Medan 2017, juara Sumatera Fruit Carving 2017, hingga juara dalam Festival Buah Nusantara.

Setelah lulus dari SMK, Kiki langsung bekerja dan tidak meneruskan pendidikan ke tingkat kuliah. Kiki pun mengaku bahwa bekerja di dunia dapur ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan.

Pada mulanya, Kiki membayangkan begitu lulus SMK, dia dapat bekerja di dapur dengan posisi cook. Namun, ia lalu memutuskan berkarier sebagai kitchen helper di salah satu cafe di Medan sebelum akhirnya mendaftarkan diri dalam kompetisi memasak Masterchef Indonesia season 11.

Saat berada di babak audisi, Kiki menunjukkan kepiawaiannya dalam memasak masakan khas Karo, yaitu Cipera dan Umbut. Masakan tersebut dipuji oleh para juri. Kini, kerja keras Kiki pun terbayarkan usai berhasil keluar sebagai juara kedua kompetisi Masterchef Indonesia season 11.