Brilio.net - MasterChef Indonesia (season 11) baru saja menyelesaikan episode finalnya pada Minggu (26/11). Episode tersebut mempertemukan 2 grand finalis, yakni Rizkisyah Putra Singarimbun (Kiki) dan Belinda Christina (Belinda).

Hingga pada akhirnya Belinda sukses menyabet gelar juara setelah mengungguli Kiki. Ia pun mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 100 juta dan sebuah mobil, yang secara simbolik diserahkan oleh salah satu Calon Presiden RI 2024, Ganjar Pranowo.

Perempuan berusia 22 tahun itu meraih kemenangan setelah melewati tiga ronde dan bersaing sengit dengan Kiki. Belinda mendapatkan skor tinggi usai merampungkan tantangan tim challenge dan tantangan menduplikasi menu Lamb Rack ala Chef Hans Christian.

Skor kedua kontestan tersebut sebenarnya hanya berbeda tipis. Belinda unggul 10 poin dari Kiki dengan nilai total 1.867, dengan rincian nilai ronde pertama 746, ronde kedua 342, dan ronde ketiga 779. Sedangkan, nilai keseluruhan Kiki berada di 1.857 dengan rincian nilai ronde satu 727, ronde dua 355, dan ronde tiga 775.

sosok Belinda Christina juara MasterChef © Instagram

foto: Instagram/@belinda.mci11

Meski telah dilakukan transparansi skor perolehan dari kedua peserta, sayangnya kemenangan itu justru menimbulkan kontroversi di masyarakat. Netizen menganggap lawannya lebih pantas meraih gelar juara tersebut. Pasalnya, Kiki diketahui berhasil memenangkan sekitar 9 tantangan selama memasak di Gallery MCI Season 11.

Terlepas dari kontroversi kemenangannya di ajang tersebut, Belinda memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman cukup banyak dari dunia kuliner. Usut punya usut, Belinda merupakan lulusan Le Cordon Bleu. Sekolah yang telah berdiri sejak 1895 ini ternyata juga merupakan tempat Renatta Moeloek menempuh pendidikan hingga mendapatkan gelar chef.