Brilio.net - Belakangan ini, dunia hiburan diramaikan dengan pemberitaan banyaknya selebriti yang berurusan dengan pihak berwajib. Keterlibatan mereka dalam berbagai kasus hukum membuat sederet selebriti Tanah Air ini harus menjadi penghuni rutan.

Kendati menjalani hukuman di balik sel jeruji besi, rupanya kondisi tersebut memberikan perubahan besar pada diri mereka. Salah satunya menjadi pribadi lebih baik dari sebelumnya. Keinginan mereka melakukan hal positif usai bebas dari penjara mereka tunjukkan dengan semakin mendalami agama.

Hal tersebut pun membuat para selebriti ini introspeksi atas kesalahan yang mereka lakukan. Kasus yang menjeratnya hingga harus berurusan dengan kepolisian seperti sebuah teguran atas apa yang mereka lakukan.

Berikut deretan kisah selebriti yang merasakan perubahan besar usai mendekam di penjara seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (22/9).

1. Vicky Prasetyo.

Loading...

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@vickyprasetyo777

Vicky Prasetyo akhirnya bisa menghirup udara bebas pada Kamis (17/9), setelah mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta, selama dua bulan lamanya. Mantan suami Angel Lelga tersebut harus menjalani hukuman di balik sel jeruji besi lantaran terkait kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Angel Lelga.

Bebas dari penjara setelah mendekam selama 2 bulan 10 hari, membuat Vicky Prasetyo mendapat banyak pelajaran dari kasus yang menjeratnya. Ayah lima orang anak ini berharap dirinya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Ya Alhamdulillah sih udah 2 bulan 10 hari kemarin di Rutan Salemba. Sekarang udah lebih baik lah semoga ini bisa jadi evaluasi dalam diri kita untuk lebih baik kedepannya," ujar Vicky Prasetyo dilansir dari Kapanlagi.com.

2. Roro Fitria.

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@roro.fitria1989

Hal yang sama juga dialami oleh Roro Fitria. Usai mendekam di penjara lantaran kasus penyalahgunaan narkoba, pemilik nama lengkap Raden Roro Fitria Nur Utami mendapatkan pelajaran berharga.

"Banyak sekali (pelajaran), saya bisa menemukan Allah di dalam penjara. Cuma Allah yang bisa menguatkan saya dengan ibadah. Sebelumnya saya hanya mengetahui tentang adanya agama hanya mungkin permukaannya," tuturnya dilansir dari Liputan6.com.

Roro juga berjanji tidak akan lagi menjalankan ritual klenik yang selama ini rutin dilakukan bahkan melekat dalam sosok dirinya. Kini ia juga sudah tampil lebih agamis. Roro Fitria telah menutup auratnya dengan mengenakan hijab. Artis sekaligus pengusaha ini berharap dapat istikamah.

"Itu pasti dan berangsur-angsur saya akan tinggalkan. Mengapa saya selalu menyampaikan karena saya baru belajar," ujar Roro Fitria dilansir dari dream.co.id.

3. Eddies Adelia.

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Setelah menjalani masa tahanan sekitar 3 bulan di dalam rumah tahanan, Eddies Adelia akhirnya bisa kembali menghirup udara segar pada Desember 2014 silam. Seperti diketahui, istri dari Ferry Setiawan itu dijebloskan ke penjara atas dugaan keterlibatan kasus penipuan uang sang suami.

Edies pun mengalami banyak perubahan selama mendekam di penjara. Ia ingin berubah menjadi lebih baik. Oleh karenanya, setelah bebas dari penjara, Edies bernazar akan melakukan aksi khataman Alquran sebagai rasa syukur telah bebas.

"Iya, Insya Allah nanti saya mau khatam AlQuran lagi, sama anak-anak yatim," jawab Edies dilansir dari Kapanlagi.com.

4. Dewi Perssik.

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Perubahan juga dialami pedangdut Dewi Perssik alias Depe. Diakui ibunda Depe, Sri Muna, banyak berubah dialami Depe selama menjalani masa tahanan. Ia menjadi pribadi lebih baik dari sebelumnya dan juga banyak berbagi kepada sesama. Inilah yang bikin Sri bangga. Depe berhasil mengambil hikmah dari cobaan hidup yang dihadapinya.

"Saya sebagai orang tua menyampaikan rasa bersyukur pada Allah. Dewi lebih dewasa lagi dari Dewi yang dulu. Satu, sekarang Dewi ibadahnya lebih tekun lagi. Dia disana juga menjadi pelatih senam, ngaji, imam dan ajar olahraga," ucap Sri dilansir dari Liputan6.com.

Seperti diketahui, Depe harus menjalani hukuman penjara selama tiga bulan lamanya karena dianggap bersalah atas kasus cakar-cakaran dengan alm. Julia Perez.

5. Sandy Tumiwa.

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Pesinetron Sandy Tumiwa akhirnya resmi bebas dari penjara setelah ditahan sejak Maret 2019 silam akibat terjerat kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Sandy mengaku bahwa selama berada di penjara, ia mendapat banyak pelajaran berharga.

"Banyak (pelajaran). Ya salah satunya adalah menerima. Ikhlas ya, maksudnya ikhlas itu kan nggak bisa diucapkan. Ikhlas itu kayak kita melihat ke belakang itu namanya ikhlas," ujar Sandy dilansir dari Liputan6.com.

Ia pun berjanji akan berubah agar tak mengulangi kesalahan seperti sebelumnya. Sehingga, setelahnya ia dapat menjadi sosok pribadi yang lebih baik lagi.

"Dan mulai apa ya, pelajaran-pelajaran sebelumnya ya saya ambil untuk ke depan agar bisa lebih baik," tambahnya.

6. Diego Michiels.

kisah seleb usai bebas dari penjara © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@diegomichiels24

Pesepakbola Diego Michiels juga mengalami banyak perubahan usai mendekam di balik sel jeruji besi. Sebelumnya, ia diputuskan bersalah atas kasus pengeroyokan di muka umum yang menyebabkan korban terluka.

Namun saat menjalani proses penghakiman pada tahun 2013, dirinya pun mendapatkan hidayah. Di dalam Hotel Prodeo tersebut ia belajar banyak mengenai agama Islam. Sehingga setelah bebas, ia memutuskan menjadi seorang muslim dan mengganti namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

"Diego dikasih buku Islam juga, di sel dia bisa baca-baca. Aku ajarin dikit-dikit, sebelum masuk penjara dia sudah tau kalimat syahadat, takbir," ungkap Nikita Willy dilansir dari Liputan6.com.