Brilio.net - Kehidupan seleberiti mungkin menjadi salah satu kehidupan yang diimpikan banyak orang. Punya penghasilan besar, kebutuhan tercukupi, dan dikenal banyak orang. Tak jarang orang berlomba-lomba mencapai dunia hiburan untuk mendapatkan semua itu.

Meski terlihat seperti bintang yang berkilau, nyatanya kehidupan para artis belum tentu seenak yang orang-orang kira. Terkadang mereka harus mengorbankan banyak waktu untuk keluarga dan dirinya sendiri. Belum lagi kalau tawaran-tawaran menggiurkan datang, namun sebenarnya itu hanyalah jebakan, semisal kasus korupsi.

Tidak jarang artis Tanah Air yang tersangkut kasus korupsi, baik setelah mereka terjun ke dunia politik, maupun saat masih menjalani kehidupannya sebagai artis. Akibatnya, ruangan sempit dengan kepungan jeruji besi pun menjadi tempat tinggal mereka.

Sederet nama artis telah tercatat sebagai penghuni penjara atas kasus korupsi yang mereka lakukan. Siapa sajakah itu? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Senin (26/11).

1. Angelina Sondakh.

seleb masuk penjara instagram
foto: liputan6.com

Angelina Sondakh merupakan satu dari sederet artis yang terkena kasus korupsi. Wanita kelahiran Australia yang kerap disapa Angie ini terjerat kasus suap pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang. Pada November 2013, Angie divonis hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Namun, di balik kasus korupsi yang menjeratnya, hukuman penjara yang diterima Angie malah membuatnya berubah. Ia kini memperdalam kitab sucinya, bahkan diketahui Angie sudah hapal lima juz dari Alquran.


2. Eddies Adelia.

seleb masuk penjara instagram
foto: bintang.com

Suami terkena kasus korupsi, Eddies Adelia pun harus menuai getahnya. Pasalnya, Eddies diduga menerima aliran dana dari sang suami sebanyak 1 miliar rupiah dengan tujuh kali transfer. Eddies pun terancam pidana maksimal lima tahun penjara.


3. Mandra.

seleb masuk penjara instagram
foto: bintang.com

Artis lawas Mandra juga pernah mendekam di penjara selama 1 tahun dan didenda 50 juta rupiah karena kasus korupsi. Mandra menjadi tahanan pada tahun 2015 karena terbukti telah merugikan negara hingga 12 miliar rupiah dalam kasus penjualan film ZOID.


4. Zumi Zola.

seleb masuk penjara instagram
foto: Instagram/@zumizola_corner

Mantan aktor sekaligus Gubernur Jambi Zumi Zola juga harus merasakan pahitnya jeruji besi. Ia ditahan karena menerima suap dari kontraktor sebanyak 6 miliar rupiah. Pria kelahiran Jakarta itu pun terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.


5. Herman Fellani.

seleb masuk penjara instagram
foto: merdeka.com

Aktor tahun 1980-an, Herman Fellani juga tersangkut kasus korupsi terkait proyek pengadaan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia divonis hukuman penjara selama empat tahun dan sejumlah denda.


6. Saiful Jamil.

seleb masuk penjara instagram
foto: kapanlagi.com

Artis kondang Saiful Jamil juga harus menjadi salah satu tahanan bui selama delapan tahun karena kasus korupsi. Saiful terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara sebesar Rp 250 juta untuk pengurusan kasus asusila yang dilakukannya.