Brilio.net - Kasus korupsi pejabat di Tanah Air selalu menarik perhatian masyarakat dan makin lama tambah memprihatinkan. Tak hanya politisi, kasus korupsi pun merambah hingga ke kalangan selebriti. Baik artis yang terjun di dunia politik, atau nama mereka yang diduga menerima aliran dana haram tersebut.

Terbaru adalah Zumi Zola, artis yang menjabat sebagai Gubernur Jambi tersebut ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka atas dugaan gratifikasi. Zumi diduga menerima suap dengan nominal yang fantastis.

"Tersangka ZZ baik bersama dengan ARN maupun sendiri diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi dan penerimaan lain dalam kurun jabatannya sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 sejumlah sekitar Rp 6 miliar," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, dalam konferensi pers di Gedung KPK Jakarta, seperti dikutip brilio.net dari Antara.

Tapi nyatanya Zumi Zola bukan seleb pertama yang namanya terseret dalam putaran kasus korupsi. Sebelumnya beberapa nama artis Tanah Air pernah disebut dalam kasus korupsi pejabat.

Ada yang menjadi tersangka dan ditahan, namun banyak yang dinyatakan tak bersalah dan berstatus sebagai saksi. Siapa saja seleb yang pernah terseret kasus korupsi? Berikut deretan artis tersebut seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber. Minggu (4/1).

1. Angelina Sondakh.

Artis Korupsi © 2018 brilio.net

Pada Januari 2013 silam, Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis hukuman empat tahun enam bulan penjara, ditambah denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Angelina Sondakh alias Angie.

Hakim menilai, mantan Puteri Indonesia 2001 itu terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut dengan menerima pemberian berupa uang senilai total Rp 2,5 miliar dan USD 1.200.000 dari Grup Permai.

2. Ayu Azhari.

Artis Korupsi © 2018 brilio.net

Artis Ayu Azhari ikut terseret kasus Ahmad Fathanah lantaran menerima uang hasil korupsi. Ia diduga mendapat dana haram tersebut dalam bentuk dolar tunai sebesar USD 800. Kemudian tunai USD 1.000 dan dalam uang tunai rupiah sebesar Rp 10 juta.

Terakhir dalam bentuk transfer sejumlah Rp 10 juta. Namun akhirnya uang tersebut sudah dikembalikan Ayu ke KPK.

3. Vitalia Sesha.

Artis Korupsi © 2018 brilio.net

Model seksi Vitalia Sesha saat itu diduga menerima pemberian Ahmad Fathanah terpidana kasus pencucian uang dalam kuota impor daging sapi. Di antaranya sebuah mobil Honda Jazz dan jam tangan mewah merek Chopard, dan aliran uang ratusan juta.

4. Jennifer Dunn.

Artis Korupsi © 2018 brilio.net

Pada 2014 silam, Artis cantik Jennifer Dunn pernah terseret dalam kasus korupsi yang dilakukan oleh Tubagus Chaery Wardhana alias Wawan.

Jennifer Dunn diduga menerima uang yang kemudian dibelikan mobil Toyota Alphard Vellfire berwarna putih. Namun, Jennifer mengaku tak tahu bahwa uang yang diberikan Wawan adalah uang hasil korupsi.

5. Catherine Wilson.

Artis Korupsi © 2018 brilio.net

Di pusaran kasus yang sama dengan Jennifer Dunn, model cantik Catherine Wilson juga terseret kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang menjerat Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan pada 2014 lalu.

Artis yang biasa disapa Keket ini akhirnya mengakui menerima hadiah mobil dari Chaeri Wardana alias Wawan.

Dari kelima artis tersebut, 4 di antaranya yaitu Jennifer Dunn, Catherine Wilson, Vitalia Sesha dan Ayu Azhari dinyatakan tak bersalah dan statusnya menjadi saksi. Sedangkan Angelina Sondakh menjadi terpidana kasus korupsi yang ia lakukan.

(brl/gib)

(brl/gib)