Tahun 2023 menjadi salah satu momen spesial baginya karena tahun ini menjadi momen 50 tahun dirinya berkarya di dunia perfilman Indonesia. Momen emas ini pun diabadikan oleh Christine Hakim melalui The Journey of Christine Hakim yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Christine Hakim rayakan 50 tahun berkarya di dunia film © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Republik Indonesia, Ahmad Mahendra menuturkan bahwa program The Journey of Christine Hakim merupakan program yang sangat penting dalam mengapresiasi perjalanan seorang sineas selama masa kariernya, termasuk Christine Hakim.

"Melalui program seperti ini, kita dapat mengetahui bagaimana perjalanan aktor atau aktris Indonesia dalam mengharumkan perfilman Tanah Air dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media sangat mendukung kegiatan ini," ujar Mahendra.

Nggak cuma itu, Reza Rahadian melalui Raya Rasa Management juga turut berkontribusi untuk menjalankan program The Journey of Christine Hakim selama setahun ke depan.

Christine Hakim rayakan 50 tahun berkarya di dunia film © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Ini adalah bentuk rasa bersyukur kami dan saya mewakili Arya Ibrahim selaku kepala Raya Rasa Management yang juga menggagas dan mengurus ini semua bersama teman-teman. The Journey of Christine Hakim hadir untuk merayakan 50 tahun ibu Christine berkiprah dalam dunia seni," ujar Reza Rahadian.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan di dalam program The Journey of Christine Hakim, yakni mulai dari pemutaran dan diskusi film di beberapa kampus di Jakarta dan komunitas film di lima kota, program retrospektif di beberapa festival film dalam dan luar negeri, pameran, serta peluncuran buku yang menjadi penutup program ini.

Momen perayaan 50 tahun Christine Hakim kali ini juga dihadiri oleh dua tokoh penting dalam dunia perfilman Tanah Air, yaitu Slamet Raharjo dan Garin Nugroho. Keduanya juga diketahui merupakan sahabat Christine Hakim di dunia seni.

Christine Hakim rayakan 50 tahun berkarya di dunia film © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Menurut Garin, Christine tak hanya menjadi sosok yang membangkitkan industri film di tengah krisis ekonomi 1998, tetapi juga menjadi trendsetter soal fashion di kalangan anak muda era 70-an hingga 80-an.

Garin menuturkan bahwa Christine menjadi contoh gaya hidup seorang aktris, seniman, budayawan yang mampu melewati segala zaman dengan ruang hidup luas dan terus tumbuh adaptif hingga ke generasi muda.

"Christine Hakim adalah perempuan yang menghidupi sejarah perfilman Indonesia pasca 1965. Ia mampu menghidupkan sinema di tengah krisis lewat film Daun di Atas Bantal 1997 yang tayang di Festival Film Cannes pada 1998. Christine Hakim tak kenal menyerah, punya energi, dan statement pribadi atas karya," tuturnya.

Di momen spesialnya, Christine juga menyampaikan rasa syukurnya bisa terus berkarya hingga memasuki masa 50 tahun.

Christine Hakim rayakan 50 tahun berkarya di dunia film © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Saya mensyukuri dan meyakini bahwa Allah SWT sudah mengatur, menentukan, dan menulis cerita dari kehidupan hambanya. Semuanya menjadi pembelajaran hidup yang luar biasa sampai saat ini. Saya meyakini bahwa ada tugas dan amanat yang Tuhan telah berikan kepada saya. Keyakinan ini yang membuat saya harus terus berkarya," tutur Christine Hakim.

Lebih lanjut, Christine Hakim juga berharap semoga ke depannya film-film Indonesia bisa menjadi tuan di negeri sendiri.

"Harapan saya dan juga saya yakin harapan semua pembuat film di Indonesia, semoga ke depannya film Indonesia bisa menjadi 'tuan' di negeri sendiri," ungkapnya.