"Kemarin aku sempet dapet email dari gurunya, ada accident di sekolah. El Barack kan ketua kelas. Jadi somehow dia lagi mainin botol, tiba-tiba ada temennya lewat (nggak sengaja) kena pukul (botol) kepalanya. Temennya pikir El Barack sengaja ngelakuin itu, padahal enggak, dia (El) lagi main botol," jelas Jedar, dilansir brilio.net dari kanal YouTube Rumpi No Secret, Kamis (7/9).

Gegara itu, El Barack pun menjadi sasaran pukul dari temannya. Beruntung, bocah sembilan tahun ini langsung menangkis untuk melindungi dirinya dari pukulan.

"Tiba-tiba El mau dipukul sama temennya, tapi kan dia langsung tangkis gini (menirukan El menangkis), 'what's wrong with you!' gitu," lanjut Jedar.

El Barack nyaris dikeroyok teman di sekolah baru © 2023 brilio.net

foto: YouTube/Rumpi No Secret

Namun, reaksi El untuk melindungi diri justru memancing emosi temannya tersebut. Hal itu membuat temannya mengundang teman yang lain untuk mengeroyok El.

"Terus temennya itu lapor ke temennya yang lebih gede. El Barack dikata-katain yang kasar sama temennya yang lebih gede itu, terus El Barack langsung pergi dan lapor guru," beber istri Vincent Verhaag itu.

Beruntung, El Barack hanya dimaki dengan kata-kata kasar oleh teman-temannya di sekolah baru itu. Ia belum sampai kena pukulan. El Barack pun memilih untuk pergi dan melapor kepada gurunya.

Mensyukuri sang putra tak jadi kena imbas keroyokan, Jessica pun mengapresiasi tindakan anaknya yang langsung melapor kepada gurunya. Sikap yang dilakukan El tentu tak lepas dari nasihat yang pernah diberikan Jessica pada anaknya.

El Barack nyaris dikeroyok teman di sekolah baru © 2023 brilio.net

foto: YouTube/Rumpi No Secret

"Dari awal aku sama Vincent udah bilang sama El, 'pokoknya mama sama papa nggak mau El jadi bully, tapi kalau El dibully, you have to stand up for yourself'. El harus bela diri, setelah bela diri bales dulu, setelah itu baru lapor guru. 'Iya bales dulu' enak aja udah dipukul," kata Jessica.

Kendati begitu, Jessica tetap tak membenarkan El untuk melakukan bullying di sekolah. Jika sampai terjadi, ia dan Vincent pun tak segan untuk memarahi sang putra.

"Tapi aku nggak pernah ngajarin anak aku jadi bully, 'kalau El jadi bully mama yang akan marah sama El'," lanjut ibu dari dua anak ini.

Kendati begitu, Jessica tetap menghargai sekolah untuk menyelesaikan masalah terlebih dahulu dengan anak-anak. Hal ini juga untuk mengajarkan sang anak agar tak mengandalkan posisi orang tua.

"Kita sebagai orangtua juga membiarkan anak untuk menyelesaikan, apalagi di lingkup sekolah, biarkan anak dan guru yang menyelesaikan. Kita sebagai orang tua, memantau, jangan sampai ikut-ikutan juga. Takutnya anak berpikir bahwa selalu ada orang tua. Enggak, tapi 'you have to know yang mana yang salah, mana yang bener' gitu," pungkas Jedar.