Tak puas cuma menguasai bidang akting, putra sulung dari tiga bersaudara ini menjajal sebagai host atau pembawa acara musik di televisi. Ketika itu dia bersama Gading Martin dan artis lain menjadi host acara Inbox di SCTV sejak 2008 sampai 2017.

andhika pratama ngontrak jadi mc top © Berbagai sumber

foto: Instagram/@andhiiikapratama

Berbekal pengalaman host kurang lebih 9 tahun, Andhika kerap muncul sebagai host di berbagai acara. Sebut saja ada Comedy Project, Sahurnya Pesbukers, Eat Bulaga! Indonesia, D'Academy season 2 & 3, Stand Up Comedy Academy, I Can See Your Voice Indonesia Season 4, KDI 2020, dan masih banyak lagi.

Terbaru, Andhika Pratama terlibat dalam sitkom berjudul Lapor Pak!, program komedi yang dibawakan oleh Andre Taulany dan Wendy Cagur ini menjadi angin segar buat penampilan Andhika. Pasalnya, di sana dia dituntut untuk membuat lawakan baik lewat script maupun dadakan.

andhika pratama ngontrak jadi mc top © Berbagai sumber

foto: Instagram/@andhiiikapratama

Setali tiga uang dengan kariernya yang moncer, kisah rumah tangganya bersama Ussy Sulistyawati juga berhasil. Andhika menikah dengan Ussy pada 21 Januari 2012. Dari pernikahan tersebut mereka sudah dikaruniai 3 anak yang cantik dan tampan, diantaranya ada Shakeela Eleanor Ameera, Sheva Elmira Lorrenia, dan Sakalingga Ibra Pratama.

Walau menikah dengan wanita yang 6 tahun lebih tua darinya, tapi pemain film Lewat Tengah Malam (2007) itu sangat bertanggung jawab soal perannya sebagai seorang suami dan bapak. Terbukti dari statement Andhika yang menyebutkan dia selalu memberikan uang bulanan sebesar kurang lebih Rp 450 juta kepada Ussy Sulistyawati.

andhika pratama ngontrak jadi mc top © Berbagai sumber

foto: Instagram/@andhiiikapratama

Dalam sebuah program acara reality show di televisi pada 2021, Andhika mengaku semua gajinya dipegang oleh sang istri. Ketika ditanya detail soal biaya hidup per bulan dari keluarga Andhika Pratama, dia tak membantah kalau belanja bulanan saja bisa mencapai Rp 200 juta. Angka itu belum termasuk biaya sekolah anak yang per orangnya bisa mencapai Rp 30 juta per bulan.

"Satu anak tuh kurang lebih Rp35 juta. Berarti kalau tiga anak, ya Rp100 juta lah," ujar Andika.

Jika ditotal, besar biaya hidup keluarga Andika Pratama dan Ussy Sulistyawati yakni mencapai kurang lebih Rp 450 juta per bulannya.

"Berarti kurang lebih Rp450 juta lah ya. Wow," ujar Gading Marten dan Raffi Ahmad.

andhika pratama ngontrak jadi mc top © berbagai sumber

foto: YouTube/Ussy Andhika Official & TAULANY TV

Dengan uang bulanan tembus sampai Rp 450 juta, nggak mengherankan jika Andhika dan Ussy punya hunian yang bukan cuma mewah, tapi juga full fasilitas serta luas. Rumah bergaya tradisional bercampur modern itu sempat direnovasi hampir 70 persen.

Mulai dari halaman belakang, tempat billiar, meja makan, dan dapur yang makin luas. Selain itu, lantai yang digunakan di rumah mewahnya kini semuanya diganti menggunakan lantai marmer berwarna putih dan hitam. Sudut menarik dari rumah Ussy dan Andhika terletak di 'ruang syuting' yang didesain dengan nuansa Jawa. Terdapat pintu kayu berukiran artistik serta potongan jendela model jadul dari kayu.

andhika pratama ngontrak jadi mc top © Berbagai sumber

foto: Instagram/@andhiiikapratama

Harapan Andhika dengan uang bulanan yang bernilai fantastis, bukan cuma kebutuhan rumah saja yang terpenuhi, tapi dia bisa marah jika uang itu tidak dimanfaatkan Ussy untuk merawat tubuh dan penampilan sang istri. Sebagaimana yang dikatakan oleh Andhika dalam YouTube miliknya di sesi tanya jawab.

"Pupuw sayangku, kalau suatu hari aku jerawatan, bertambah 20 kilogram, buang semua alat makeup, selalu dasteran dan enggak gaul lagi, kamu akan?" tanya Ussy dikutip dari YouTube Ussy Andhika Official, Senin (19/2).

"Marah. Duit belanja bulanan segitu, belilah skincare, belilah lingerie, jangan daster terus. Olahragalah, di pusat kebugaran, perawatan, bisa dong," kata Andhika singkat diakhiri tawa.