Brilio.net - Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pernah maju sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama (BTP), atau dulu dikenal sebagai Ahok. Kedua tokoh tersebut pernah memimpin Jakarta dalam kurun waktu 2012 hingga 2014.

Jokowi yang kemudian maju sebagai Presiden dan menjabat hingga hari ini. BTP sendiri melanjutkan tugas sebagai Gubernur sebelum akhirnya mengundurkan diri akibat kasus penistaan agama yang menjeratnya.

Sejak saat itu kedua politisi ini jarang tertangkap pada waktu dan tempat yang sama. Namun, baru-baru ini momen pertemuan Jokowi dan BTP sukses mencuri perhatian publik.

Pemilik Twitter @MurtadhaOne membagikan unggahan video yang merekam detik-detik pertemuan Jokowi dan BTP di kediaman almarhum Sabam Sirait, politikus senior Tanah Air yang berpulang pada 29 September lalu. Mereka secara tidak sengaja bertemu di pelataran.

jokowi ketemu ahok © 2021 Berbagai Sumber

foto: Twitter/@MurtadhaOne

"Detik-detik pak @jokowi secara tidak sengaja bertemu Ahok @basuki_btp saat melayat pak Sabam Sirait," ungkap pemilik akun @MurtadhaOne, pada Kamis (30/9).

Saat bertemu, Jokowi dan BTP saling bertatapan dan menyapa. Dalam rekaman video tersebut tampak Jokowi terkejut sambil menunjuk ke arah BTP.

"Heh," kata Jokowi yang terkejut lihat BTP.

Pertemuan Jokowi dan BTP ini menjadi momen 'reuni dadakan' mereka setelah sekian lama. Mereka tampak terlibat percakapan di antara kerumunan. Orang-orang yang berada di sekitar pun menggoda keduanya karena saling bertemu.

"cie, ketemu nih," kata seorang pria dalam video.

"ketemu, hore!," kata lainnya.

jokowi ketemu ahok © 2021 Berbagai Sumber

foto: Twitter/@MurtadhaOne

Tidak jelas keduanya membicarakan apa, tapi keduanya tampak akrab satu sama lain meski jarang bertemu. Momen reuni dadakan ini rupanya disambut baik oleh warganet.

Hingga berita ini dibuat, sudah lebih dari 1.700 tanda suka pada postingan tersebut. Mereka juga meninggalkan komentar pada cuitan milik @MurtadhaOne.

"Panjang umur Pak Jokowi dan Pak Ahok, Indonesia butuh pemimpin2 seperti kalian, bukan orang2 bertitel berderet, sok pinter, tapi ujung2nya GARONG," komentar akun @ren4ldo.

"Kok Saya jadi terharu iya lihat ini," tambah akun @LeonardDavinc20.

"Pakde, Ahok dan Ara mereka bersahabat dengan tulus sejak pilgub DKI 2012 karena satu visi dan misi untuk NKRI," cuit @Tee70.

"Suka melihat gesture tubuhnya Pak ahok yang terlihat sopan ketika menghadap kepala negara meski dulu mereka pernah menjabat bersama," tulis @adjieandro.