Brilio.net - Di masa sulit seperti ini, penipuan makin marak terjadi. Tak hanya masyarakat biasa, beberapa selebriti juga pernah menjadi korban penipuan. Seperti yang baru saja dialami oleh penyanyi Kunto Aji.

Melalui Instagram pribadinya, Kunto Aji menceritakan bahwa ia telah menjadi korban penipuan. Dilansir brilio.net pada Rabu (20/1), Kunto Aji juga menunjukkan beberapa bukti chat dan identitas si pelaku.

"Ini orang nipu ternyata ya, hati-hati yang dimintain uang via dm. Kasian yang memang beneran butuh," tulis Kunto.

Awalnya, pria yang mengaku bernama Ibnu Rakai Pikatan asal Bandar Lampung tersebut meminta bantuan pada Kunto Aji lewat direct message Twitter pribadinya. Pria tersebut lantas meminta info lowongan pekerjaan pada Kunto, kemudian ia meminta pinjaman uang sebesar Rp 50 ribu untuk makan. Si pelaku pun mengirimkan nomor rekening pada Kunto.

Cerita Kunto Aji kena tipu © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Twitter/@KuntoAjiW

Karena merasa kasihan, Kunto pun sempat mengirimkan uang ke rekening pelaku. Kunto Aji tidak merasa curiga karena nomor rekening yang ia terima, benar atas nama si pelaku.

"Rek nya atas nama sama, seharusnya memang dia. Sempet gw bantu tapi omongannya masih template ke orang lain, butuh duit buat makan," jelas Kunto.

Karena tidak memiliki info lowongan pekerjaan, Kunto pun menawarkan bantuan untuk mempromosikan CV si pelaku. Kunto bahkan sempat mengunggah CV pelaku di Twitter pribadinya.

Namun, beberapa saat kemudian, pria bernama Ibnu tersebut meminta Kunto untuk menghapus cuitannya yang mengunggah CV atas nama Ibnu Rakai Pikatan.

Si pelaku meminta Kunto menghapus cuitannya dengan alasan dirinya sudah diterima di sebuah perusahaan dan mulai bekerja pada bulan Januari.

Cerita Kunto Aji kena tipu © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@KuntoAjiW

"Templatenya selalu butuh uang buat makan, yang kemaren sempet gw tweet cv nya di twitter. Sempet gw transfer uang juga. Ngakunya udah dapet kerjaan mulai januari, minta tweetnya dihapus," papar Kunto.

"Minta hapus tweet gw soal cv, katanya udah dapet kerjaan. Tapi ternyata masih mintain duit ke banyak orang. Ada temen yang sempet ngasi dia juga," lanjut Kunto.

Merasa penasaran dengan identitas pelaku yang sebenarnya, Kunto pun berinisiatif mencari nama pelaku melalui pencarian Google. Benar saja, Kunto menemukan beberapa artikel yang menceritakan bahwa nama tersebut telah menipu banyak orang.

"Ini gw antisipasi aja ya buat teman-teman biar gak ngasi dia karena iba, padahal lagi sama-sama susah. Beberapa temen udah ngasi tapi gelagatnya emang aneh. Yang lagi dalam situasi terdesak banyak, kasian yang beneran butuh," kata Kunto.

Menanggapi tweet Kunto Aji, penulis sekaligus penyanyi Fiersa Besari juga menunjukkan bahwa Ibnu, si pelaku yang menipu Kunto Aji juga pernah mengirimkan pesan melalui direct message Twitter Fiersa Besari. Ibnu juga menceritakan hal yang sama pada Fiersa bahwa dirinya sedang kondisi susah dan butuh pinjaman uang.

"Saya juga di-DM ternyata," tulis Fiersa pada kolom komentar tweet Kunto Aji.

Saya juga di-DM ternyata pic.twitter.com/iWJ1PgowcA

Beruntungnya, Fiersa tau bahwa Ibnu adalah seorang penipu setelah membaca tweet Kunto Aji. Cuitan Kunto Aji dan Fiersa Besari pun langsung mendapat tanggapan dari warganet. Beberapa ada yang mengaku juga telah di DM oleh Ibnu, dan beberapa lagi ada yang mengaku kenal dengan Ibnu.

"Kaka kelas gw anjirr, padahal kayanya dulu baik deh orangnyaa.. Aktif juga di band sekolah," ungkap @famous_cleeper

"Asli gak nyangka temen seangkatan gw di smk gile jarang org maen twit skrng gw shok men gak nyangka," tulis @put_rianya