Brilio.net - Dunia maya memberikan banyak ruang untuk masyarakat dalam berkreasi. Sayangnya, ada beberapa pihak yang justru memanfaatkannya untuk melakukan tindakan negatif. Penipuan dunia online, jadi salah satu kasus yang kerap terjadi. Nggak melulu langsung menguras isi dompet, tindakan ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan nama publik figur untuk meraup keuntungan. Hal ini terbukti terjadi pada pesinden Soimah beberapa waktu yang lalu.

Melalui akun media sosial Instagramnya, Soimah menceritakan hal kurang menyenangkan ini. Wanita asal Pati itu mengatakan bahwa namanya dimanfaatkan sebuah akun bodong untuk menipu. Berkedok giveaway, akun tersebut menjanjikan sejumlah uang yang ditawarkan. Hal ini pun membuat Soimah langsung memberikan klarifikasinya.

"Halo gaes, jangan mudah percaya kalo ada akun abal2 yg meng atas namakan saya, sy gak pernah bikin2 give away apalagi yg katanya live, kebetulan saudara sy dan teman sy iseng2 mantau dan kroscek ke saya," tulis Soimah.

Dalam unggahan tersebut, Soimah juga menyertakan sebuah foto dari akun abal-abal tersebut. Terlihat foto Soimah yang tampak seakan sedang melakukan live melalui media sosial. Mencoba meyakinkan warganet, akun tersebut juga mencantumkan nama "Soimah Poncowati live bagi-bagi hadiah". Melihat hal itu, Soimah mengingatkan bahwa karma dapat terjadi kepada siapa saja.

Soimah kesal dimanfaatkan penipu © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@showimah

"jgn menjadi penipu pake nama orang ya, nanti kamu bakalan kena karma di tipu sama orang lho, untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu," terang Soimah.

Dengan penjelasan ini, Soimah menegaskan bahwa ia tidak terlibat dengan akun tersebut. Ia juga menambahkan bahwa dirinya tidak bertanggung jawab dengan risiko dari adanya penipuan itu.

"Karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya ya," jelasnya.

Menanggapi ungkapan Soimah, beberapa penggemarnya pun ikut memberikan tanggapan. Rupanya nggak sedikit yang mengaku melihat akun tersebut berkeliaran di media sosial dan mengatasnamakan sejumlah artis ternama.

Soimah kesal dimanfaatkan penipu © Instagram

foto: Instagram/@showimah

"iya tu Ma'e sering banget nongol di beranda FB ku," respons @djokoshoeryhono.

"Banyak sekali Mae,,,kasian mae nanti nama nya yg tercemar kasian," tambah @aldipratama674mlfsorong.

"Byk Mak e akun² begitu di FB juga ada yg pake Baim wong,Raffi Nagita,Nikita Mirzani, nah yg terkahir emng sering bgt sliweran pake profile Mak e," cerita akun @tina_skmj7382.