Tak disangka, kemudahan begitu ia rasakan saat akan membangun masjid. Nggak pernah dibayangkan sebelumnya, Zaskia mendapat tawaran dari salah satu arsitek untuk membuatkan desain bangunan masjid secara gratis.

momen haru zaskia bikin masjid © instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

"Singkat cerita kemudahan2 langsung mengalir gitu aja.. dr dealing, akad jual beli, cari arsitek sampai berlimpah yang menawarkan diri dan bilang “free buat design masjid!” Mana keren2 semua," ucapnya.

Nggak sampe disitu, kemudahan juga dirasakan ketika seorang temannya berceletuk untuk membuka donasi agar lebih bermanfaat pembangunannya. Belum ada 2 hari, dana yang masuk di link donasi yang ia buka sudah mencapai Rp 275 juta.

"Awalnya kita niat bangun sendiri pelan2 krn disambi bangun rumah, ga mau nyusahin orang cari2 sumbangan.. tapi temen nyolek bilang, 'kata salah seorang guru, lbh baik buka pintu bersama menuju amal jariyah.. krn banyak yang mau untuk ini'," ungkap Zaskia.

momen haru zaskia bikin masjid © instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

"Akhirnya kmrn aku buka link donasi, lalu pas liat progress sampe ga berenti dong air mata.. belum 2x24jam udah terkumpul 275jt," menambahkan.

Uang yang terkumpul pun langsung dialokasikan Zaskia untuk pembangunan masjid. Bagi istri sutradara Ayat-Ayat Cinta, masjid yang sedang dibangun bukanlah atas kepemilikannya. Ia hanya menjalankan amanat mengkoordinir dana donasi untuk merampungkan pembangunan masjid yang diberi nama Al-Lail tersebut.

"Ini masjid bersama, dua ribu lebih orang yang sudah menyumbang.. Allah hanya menunjuk aku sebagai Project Director ini punya umat dan kebetulan aku diberikan amanah untuk menjalankan juga mengawal semua proses dengan baik juga perjalanan masjid ini," pungkasnya.