5. Maria Carey

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@mariahcarey

Nama Maria Carey mungkin tak asing lagi ditelinga kamu. Ia memang dikenal sebagai selebriti yang memiliki tubuh berisi. Tak nyaman dengan berat badannya dan berpotensi mengalami obesitas, pada 2010 lalu Maria Carey memutuskan untuk melakukan operasi bariatrik. Tujuannya tidak hanya untuk memperoleh berat badan ideal tetapi agar ia tetap sehat. Berselang 3 bulan pascaoperasi bariatrik tersebut, berat badan Maria Carey berhasil turun hingga 13 kilogram.

6. Kelly Osbourne

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@kellyosbourne

Kelly Osbourne pun sama seperti ibunya Sharon Osbourne. Pelantun lagu "One Word" ini dikenal mempunyai tubuh yang gemuk. Namun, dari waktu ke waktu ia berhasil menurunkan berat badannya. Meski sempat merahasiakan prosedur operasi yang dijalaninya, namun pada 2020 ia mengakui bahwa sudah menjalani operasi bariatrik. Pasca operasi bariatrik itu ia berhasil menurunkan berat badan 38 kilogram. Menurut penuturannya, pasca operasi membuat ia lebih nyaman dan percaya diri. Selain itu, ia juga mengaku bahwa psikisnya lebih tenang dari sebelumnya.

7. Lisa Marie Presley

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@lisampresley

Lisa Marie Presley, anak tunggal musisi Rock N' Roll Elvis Presley pernah menjalani operasi bariatrik. Namun, operasi tersebut tidak sesuai harapan. Lisa mengalami komplikasi dan mengakibatkan ia berpulang pada 12 Januari 2023 lalu. Diduga ia mengalami cardiac arrest atau henti jantung. 

Pada laporan autopsi, Lisa Marie Presley mengalami penyumbatan pada usus kecilnya. Komplikasi tersebut bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari hernia hingga tumor. Akan tetapi pada kasus ini, yang terjadi pada Lisa mengalami perlengketan usus atau 'ususnya tercekik' yang berkaitan dengan operasi bariatrik yang dijalaninya bertahun-tahun sebelumnya.

8. Randy Jackson

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@randyjackson

Randy Jackson juga sempat menjalani operasi bariatrik. Kala itu, ia didiagnosis mengalami penyakit diabetes tipe 2. Pasalnya ia memiliki berat badan mencapai 150 kilogram. Akhirnya ia memutuskan untuk menjalani operasi bariatrik agar tubuhnya lebih sehat. Beberapa bulan setelah operasi, berat badannya berangsur-angsur turun sebanyak 50 kilogram.