1. Shindy Samuel

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@rendyshindy_samuel

Shindy Samuel salah satu selebriti yang memutuskan menjalani operasi bariatrik usai alami obesitas. Selebgram sekaligus pengusaha skincare ini, menjalani operasi bariatrik atau potong lambung pada 19 Juli 2023 lalu. Keputusannya tersebut lantaran ia mengalami kenaikan berat badan yang ekstrim sehingga mengganggu kesehatannya. 

Semula ia memiliki berat 110 kilogram, namun pascakehamilan anak pertama berat badannya naik drastis hingga mencapai 144 kilogram. Alhasil ia memutuskan untuk menjalani operasi bariatrik tersebut.

Pascaoperasi bariatrik Shindy Samuel berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 34 kg dalam satu bulan. Hal itu pun tidak diperolehnya dengan mudah, sebab ia harus merubah pola makan dan gaya hidupnya. Mulai dari makan dengan porsi yang sedikit hingga harus rutin olahraga. Kini, penampilan istri Rendy Samuel itu dari waktu ke waktu mulai berubah.

2. Melly Goeslaw

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Pada 2022 lalu, Melly Goeslaw   law sempat menghebohkan publik dengan penampilannya tubuhnya yang lebih langsing. Musisi sekaligus pencipta lagu ternama Indonesia itu mengakui bahwa ia menjalani operasi bariatrik dengan memotong 85% lambungnya dan hanya menyisakan 15% saja. Operasi pemotongan lambung itu dilakukannya karena ia mengalami obesitas. Selain itu, bertujuan agar asupan makannya berkurang.

Akibat operasi bariatrik tersebut ia tidak bisa makan dalam porsi banyak. Hanya berkisar satu sendok makan nasi yang diselingi dengan minum. Apabila makan dengan porsi yang banyak bisa membuatnya mual-mual. Meski begitu, ia tetap makan lima kali sehari dengan porsi sedikit. Kini berat badannya pun berhasil turun hingga 23 kilogram.

3. Jennifer Dunn

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@jennifer_haris89

Selain Melly Goeslaw dan Shindy Samuel, Jennifer Dunn salah satu selebriti Indonesia yang menjalani operasi bariatrik pada Juni 2023 lalu. Melalui unggahan Instagramnya ia mengungkapkan telah melakukan operasi bariatrik atau pemotongan lambung. Hasilnya ia berhasil menurunkan berat 23 kilogram. Dari yang semula berat badannya mencapai 87 kilogram kini menurun jadi 65 kilogram, berarti ia berhasil menurunkan berat badan 23 kilogram dalam waktu 3 bulan lebih.

4. Sharon Osbourne

Seleb potong lambung usai alami obesitas © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@sharonosbourne

Deretan selebriti lainnya yang lakukan operasi bariatrik, ada selebriti asal London, Sharon Osbourne. Sukses menjajaki karier sebagai selebriti di Amerika Serikat, Sharon Osbourne mengakui bahwa ia tidak nyaman dengan tubuhnya yang gemuk. Segala upaya diet dengan berbagai metode telah dilakukannya untuk  memperoleh berat badan ideal. Namun, sejauh itu pula ia belum membuahkan hasil positif. Hingga pada 1999, artis pemeran series The Five itu memutuskan untuk melakukan operasi bariatrik agar berat badannya lebih ideal.