Brilio.net - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang. Persiapan dari para caleg pun sudah terlihat kencang di berbagai daerah.

Pada ajang pilkada kali ini tidak hanya diisi oleh politikus, melainkan juga para artis. Beberapa seleb Tanah Air ikut meramaikan Pilkada 2020 tersebut.

Sebelumnya sudah ada beberapa artis yang berhasil menang di pilkada ataupun menjadi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Beberapa artis yang terjun ke dunia politik adalah Pasha 'Ungu', Eko Patrio, Desy Ratnasari, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan jika para artis tersebut tidak hanya jago akting, melainkan juga menjadi wakil rakyat.

Nah, pada 2020 ini juga ada beragam artis yang ikut pada pilkada serentak. Ada yang sebelumnya sudah pernah mencoba, beberapa lagi adalah orang baru yang terjun di dunia politik. Siapa saja mereka?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (29/8), berikut 7 seleb yang ikut Pilkada 2020.

Loading...

1. Sahrul Gunawan.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@sahrulgunawan

Sahrul Gunawan akan maju sebagai calon wakil bupati di Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Ia akan berpasangan dengan Dadang Supriatna selaku bakal calon bupati Bandung.

"Sebetulnya saya terinspirasi perjalanan pileg saya di Kabupaten Bogor dari Partai NasDem. Niat saya dulu itu sebagai pengusaha di bidang tour-travel umroh dan haji ingin membuat kebijakan yang harus lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah mengenai perbaikan sistem umroh dan haji, supaya tidak ada yang mendzolimi orang lagi," ujar Syahrul pada akhir 2019 lalu usai datang menyerahkan berkas formulir pendaftaran kepada panitia penjaringan calon bupati Kabupaten Bandung dari Partai Nasdem.

Dari pengalaman sebagai calon DPR RI kala itu, Syahrul mengaku menemukan sejumlah permasalahan baru yang terjadi di masyarakat.

"Dari perjalanan saya blusukan di sana, ternyata banyak hal-hal yang harus diperhatikan. Tapi saya kalah, artinya banyak hal yang belum saya ketahui. Dari sana, kenapa Kabupaten Bandung, saya sebagai orang Sunda saya ingin berkiprah untuk masyarakat, dan saya tahu Kabupaten Bandung ini problemnya salah satunya adalah banjir. Saya ingin mencoba dan pelajari lagi, hari ini bismillah saya mendaftarkan diri semoga bisa manfaat," ungkapnya. Demikian seperti dikutip dari merdeka.com.

Pasangan pilkada tersebut mendapat dukungan dari Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan yang terbaru yakni Partai Demokrat. Bahkan Agus Yudhoyono (AHY) juga mendukung Sahrul Gunawan di pilkada tersebut.

2. Ramzi.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@abiramzi

Artis sekaligus presenter Ramzi juga maju dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan 2020. Ia akan menjadi calon wali kota yang akan digandeng oleh Kemal Pasya, seorang lulusan lulusan Teknik Arsitektur ITB sekaligus pengusaha asal wilayah tersebut.

"Bismillah saya siap maju dalam Pilkada Tangerang Selatan. Saya melihat Pilkada ini sangat menantang, makanya saya siap untuk berkompetisi," ujar Ramzi beberapa waktu lalu di kawasan Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (6/8), seperti dikutip dari Liputan6.

3. David Chalik.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@davidchalik

David Chalik yang dikenal sebagai artis sekaligus presenter akan maju dalam Pilkada Bukittinggi 2020. Ia berpasangan dengan Irwandi, yang akan diusung oleh koalisi Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Nasdem. Indra selaku pasangan pilkadanya yang pernah berpengalaman di pemerintahan juga yakin bahwa keduanya memiliki peluang besar.

"Jika nanti dipercaya oleh warga Bukittinggi, kegiatan di dunia hiburan harus total ditinggalkan karena menjadi kepala daerah tidak bisa dijalankan secara paruh waktu. Selama ini fokus ke bisnis namun tetap main jika rindu," ujar David Chalik dilansir dari Liputan6 (29/8).

4. Lucky Hakim.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@luckyhakimofficial

Artis tampan Lucky Hakim akan maju dalam Pilkada Kabupaten Indramayu 2020. Ia akan berpasangan dengan Nina Agustin Da’i Bachtiar, puteri dari mantan Kapolri Da'i Bachtiar. Kabarnya, ia mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan, Gerindra dan Nasdem.

"Awalnya saya kan 2014 di DPR dapil Jabar 6 Kota Bekasi dan Kota Depok, tapi diskusi keluarga mendorong saya untuk pulang kampung ke Indramayu, saya memang nggak lahir di situ, tapi ibu saya adalah orang asli Kedokan Indramayu," ujar Lucky Hakim seperti dilansir dari Liputan6.

5. Iyeth Bustami.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/iyethbustami

Penyanyi dangdut ternama Iyeth Bustami juga mendeklarasikan dirinya untuk maju di Pilkada Bengkalis 2020. Perempuan yang mempunyai nama lahir Sri Barat tersebut akan berpasangan dengan Kaderismanto sebagai bakal calon bupati. Dilansir dari Liputan6, keduanya didukung oleh PDIP dan PKB.

Iyeth mengatakan, salah satu motivasinya maju di Bengkalis adalah ingin mengembangkan Bengkalis khususnya dalam melestarikan kesenian tradisional Melayu.

"Saya telah berjuang untuk melestarikan budaya Melayu (sebagai penyanyi) sejak dulu hingga di titik sekarang ini. Memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Sekarang ini budaya kita tergeserkan oleh kemajuan teknologi. Saya sangat sedih dengan kondisi anak-anak milenial yang sekarang ini cenderung tidak mau viralkan budaya kita. Mereka lebih cinta dengan budaya luar," kata Iyeth Bustami di Pekanbaru, Sabtu (22/8), seperti dilansir dari merdeka.com.

Terkait keterlambatannya muncul di kontestasi Pilkada Bengkalis 2020 di Bengkalis, Iyeth mengaku perlu mematangkan sikap untuk maju. Dia mengaku bukan pertama kali terjun ke dunia politik, namun dia pernah menjadi calon anggota DPR RI pada 2014, namun gagal.

"Tahun 2014 lalu saya menjadi calon legislatif, namun belum beruntung," kata Iyeth.

6. Aldi Taher.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@alditaher.official

Pada Januari 2020 lalu, Aldi Taher sempat mendeklarasikan diri maju jalur perseorangan pada Pilkada Sumbar 2020. Kala itu, ia berpasangan dengan Syamsu Djalal selaku bakal calon gubernur. Namun nampaknya keduanya tidak jadi mengikuti ajang pilkada tersebut lantaran tidak ada bukti dukungan yang kuat.

Dilansir dari Liputan6, Rusli Baco Dg Palabbi selaku Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menggandeng dirinya sekaligus mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng pada 17 Juli 2020 lalu.

Mantan suami penyanyi Dewi Persik tersebut datang ke posko poros baru di Padang, pada Sabtu 8 Agustus 2020 sore, dengan memakai baju kaos lengkap dengan tulisan Aldi Taher, Minang Juara. Juara merupakan singkatan dari jujur, amanah, merakyat.

Artis bernama lengkap Aldiansyah Taher mendaftar dengan didampingi ibunya yang menggunakan kursi roda. Ia juga kerap mengucapkan bahasa Minangkabau ketika berbicara.

"Dengan doa ibu, saya mendaftar ke koalisi poros baru hari ini di Padang," katanya kepada Liputan6.com, Sabtu (8/8).

7. Adly Fairuz.

Seleb ikut pilkada 2020 Berbagai sumber

foto: Instagram/@adlyfairuz

Pada Jumat (28/8) lalu, Adly Fairuz mengunggah postingan di Instagram Story perihal dirinya akan maju dalam Pilkada Karawang 2020. Artis tampan yang merupakan cucu Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini akan mendampingi Yessy Karya Lianti. Ia dipercaya oleh DPP PDIP menjadi bakal calon wakil bupati Karawang.

"Insya Allah mudah-mudahan yang terbaik. Saya ditunjuk untuk menjadi wakil bupati di Karawang," ujar Adly Fairuz seperti dilansir dari Liputan6, Sabtu (29/8).