4. Nggak hanya belajar satu jenis tanaman, Narji nampaknya ingin belajar bertani dengan serius. Ia pun turut menanam berbagai jenis tanaman lain seperti ubi.

cerita Narji sukses jadi petani © 2023 brilio.net

foto: YouTube/Abang Narji

Bahagia memiliki sawah yang dibeli istri untuknya, Narji pun menikmati momen-momen saat menjadi petani. Nggak heran saat menanam ubi ia dengan senang hati belajar dan merawat tanamannya.

5. Tak sampai disitu saja, menurut Narji membeli sawah menjadi salah satu bentuk investasi.

cerita Narji sukses jadi petani © 2023 brilio.net

foto: YouTube/Abang Narji

Bisa dibilang, Narji yang hengkang dari dunia hiburan dan memutuskan untuk bertani didukung oleh sang istri, Dyan. Istri Narji mengakui bahwa membeli sawah sebagai bentuk investasi masa depan. Menurut Dyan, jika uang yang dipegangnya dalam bentuk cash atau tabungan maka ia merasa cepat habis. Alhasil, ia memutuskan membeli sawah sebagai bentuk investasi. Selain itu, bagi Dyan ketika memiliki sawah sendiri ia bisa menjadikan lahan sawah tersebut sebagai tempat hiburan untuk anak-anaknya agar belajar mengenal alam.

Banting stir jadi petani bukan usaha sia-sia baginya. Pasalnya kini, Narji telah sukses membangun bisnis di dunia pertanian dan turut memberdayakan warga desa untuk membangun usaha pertanian buah dan sayuran hingga di beberapa kota.

6. Dua tahun jadi petani, Narji jadi juragan lahan. Ia punya lahan kebun 2 hektar di belakang rumah.

cerita Narji sukses jadi petani © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@narji77

Tak sampai disitu, dua tahun berjalan menjalani profesi sebagai petani, jerih payah Narji membuahkan hasil. Dimana ia membeli sebidang tanah dengan luas 2 hektar, dari luas tanah tersebut 1.500 meter persegi dimanfaatkan Narji untuk mengolah lahan pertanian dan mengembangkan berbagai jenis tanaman pokok makanan seperti jagung, jahe merah, cabe dan umbi-umbian.

Tak hanya lahan pertanian yang luas, Narji juga memiliki rumah di Pamulang, Tangerang Selatan. Rumahnya tersebut pun memiliki halaman yang luas dan asri. Beberapa lokasi rumah pun dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias. Diketahui, sejak duduk dibangku kuliah Narji memang menyukai tanaman hias jadi nggak heran jika ia juga membudidayakan tanaman hias. Selain indah, tanaman hias juga memiliki daya saing yang cukup tinggi di pasar sehingga bisa menjadi sumber keuangannya.

7. Lahan itu sebagai sumber penghasilan. Penggarapan lahan dibantu petani.

cerita Narji sukses jadi petani © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@narji77

Usahanya tersebut bukan hanya sebagai hobi semata. Namun sebagai salah satu sumber penghasilan tetapnya. Hal itu pun karena dimasa pandemi 2020 lalu Narji memang tengah kesulitan mencari penghasilan alhasil ia memutar otak dan memutuskan memanfaatkan lahan untuk sumber keuangan serta pangan setiap harinya.

Kini, lahan pertanian yang dimiliki Narji tak hanya dikelola oleh dirinya sendiri tetapi ia juga dibantu oleh para petani lainnya. Hasil panennya kebanyakan akan dibagikan kepada tetangga dan para petani yang telah membantunya.