Brilio.net - Peran seorang sutradara dalam sebuah proyek film bisa dikatakan seperti vitalnya peran jenderal dalam sebuah peperangan. Sutradara adalah unsur paling penting menentukn bagaimana kualitas sebuah film karena dia yang mengatur hampir keseluruhan alur dan adegan film berjalan. Dan yang jelas, seorang sutradara harus mengerti seluk beluk dunia perfilman.

Sekolah perfilman dianggap cara paling tepat yang bisa ditempuh seseorang untuk menjadi sutradara hebat. Namun hal itu nggak berlaku bagi lima sutradara yang sudah diakui kehebatannya di perfilman dunia. Tanpa latar belakang sekolah perfilman, mereka sukses menyutradarai berbagai film. Siapa saja dan apa rahasianya? Berikut ulasannya seperti dilansir flavorwire, Senin (23/5).

1. Quentin Tarantino.

Sutradara DO  © 2016 brilio.net

Sutradara Inglourious Basterds ini pernah jadi pelayan di toko video di tahun 80-an. Dari sana dia belajar tentang film. "Saya tidak bersekolah film, saya pergi ke bioskop-bioskop. Mencoba  membuat film feature sendiri dan tanpa budget adalah sekolah film terbaik yang bisa kamu dapat," tutur Quentin membeberkan rahasianya.

Loading...

2. Terry Gilliam.

Sutradara DO  © 2016 brilio.net

Sutradara film Brazil memulai karirnya sebagai seorang animator dan kartunis. Pelan-pelan dia mencoba pengalaman sebagai seorang sutradara. Rahasia suksesnya? "Sekolah film hanya untuk orang bodoh. Hidup dan belajar untuk buat film. Pergi ke bioskop, tonton film, ambil kamera dan buatlah film. Dari situlah kamu akan tahu bagaimana film itu dibuat," ungkapnya.

3. James Cameron.

Sutradara DO  © 2016 brilio.net

Sutradara salah satu film paling sukses, Titanic, ini punya rahasia unik bagaimana belajar jadi sutradara film tanpa harus sekolah film. "Saya tidak pergi ke sekolah film, saya pergi ke perpustakaan dan baca semuanya termasuk dari disertasi doktoral. Lalu pulanglah, ambil kamera dan buatlah film," jelas James.

BACA JUGA: Lo cocoknya pakai pomade, gel, atau wax? Temukan jawabannya di sini

4. Christopher Nolan

Sutradara DO  © 2016 brilio.net

Sutradara dari film-film keren seperti Interstellar, Batman, Inception dan Memento ini sudah punya ketertarikan terhadap dunia Film di usia 13 tahun. Meski begitu ia tidak pernah sekolah film. "Saya bersekolah di Litaratur Bahasa Inggris saat membuat film feature pertamaku bersama teman-teman yang berjudul Following. Saya tidak mendalam mempelajari film, saya hanya sangat mencintai dan mencoba hal-hal seperti latihan mengedit film, merekam dan membuang gambar," tandasnya.

5. Stanley Kubrick

Sutradara DO  © 2016 brilio.net

Ia belajar secara otodidak bagaimana membuat film. Dirinya pernah membuat dua film dokumenter dimana ia mengerjakannya sendiri mulai dari sutradara, kameramen, editor, hingga sound effect. "Hal terbaik yang bisa dilakukan sutradara muda adalah dengan mengambil kamera dan membuat film apa saja, " bebernya.