Brilio.net - Dalam dunia perfilman, sebuah film dikatakan sebagai film Box Office jika hasil penjualan tiket film tersebut melebihi biaya proses pembuatannya. Istilah Box office ini sendiri mulai muncul sekitar tahun 1900an. Dengan kata lain, bisa dikatakan juga film Box Office adalah film-film yang berkualitas atau sudah ditunggu-tunggu.

Beberapa contoh film box office seperti Captain America: Civil War meraup pendapatan $14.9 juta atau sekitar Rp 191 miliar di hari perdana tayang dan sudah mencapai $ 179,2 juta atau Rp 2 triliun hingga hari ini. Tapi budjet untuk film tersebut juga cukup besar. Namun bukan berarti film dengan budget tidak wah, tapi bisa menghasilkan film yang wah. Dilansir brilio.net dari therichest, berikut 10 film dengan budget rendah namun sukses tembus box office dan berpendatan tinggi:

1. Halloween

budget film © 2016 brilio.net-foto: stereochampions

Fil tahun 1978 ini menceritakan kisah anak 6 tahun yang menusuk adiknya hingga mati. 15 tahun menghabiskan waktu di rumah sakit membuatnya keluar sebai pembunuh yang brutal dan kejam. Faktanya film ini hanya menghabiskan dana sebesar Rp 4 miliar dan mendapat penghasilan bersih sebesar Rp 950 miliar waktu itu.

Loading...

2. Friday the 13th

budget film © 2016 brilio.net-foto: newmediarockstars

Masih seputar film horor, Friday the 13th ini rilis tahun 1980. Bercerita soal remaja yang terobsesi untuk mebunuh anak-anak yang melakukan kamp musim panas di danau misterius. Menonton film ini kamu akan merasa diteror sepanjang film. Film ini nyatanya hanya membutuhkan $50,000 kala itu dan medapat keuntungan 12 kali lipat.

3. Mad Max 2: The Road Warrior

budget film © 2016 brilio.net-foto: alphacoders

Film ini adalah lanjutan film Mad Max (1979). Film ini sangat sukses dan memuaskan para fans yang penasaran dengan kelanjutan dari Mad Max pertama. Desain kostum, settingnya, dan efek-efek perang yang dihasilkan pun memukau para fansa. Siapa sangka jika film berpenghasilan Rp 1,3 triliun itu hanya menghabiskan dana sebesar Rp 4,7 miliar.

4. The Blair Witch Project

budget film © 2016 brilio.net-foto: mentalfloss

The Blair Witch Project merupakan film tahun 1999 yang menceritakan sebuah perjalan tiga orang siswa yang membuat film dokumenter. Perjalanan ketiganya memberikan kesan perjalanan yang penuh drama dan teror. The Blair Witch Project ini nyatanya hanya mengeluarkan budget sekitar Rp 814 juta dan meraup pendapatan Rp 3,3 miliar.

5. Lost in Translation

budget film © 2016 brilio.net-foto: vice

Film ini selain menjadi box office di tahun 2003 juga mendapat predikat skenario terbaik Oscar 2004. Film ini menceritakan perjalan dua orang turis yang tak saling kenal dalam satu Hotel di Tokyo. Keduanya pun sama-sama mengidap insomnia dan pada akhirnya kedua orang ini menjadi dekat, saling mengisi hari-hari mereka yang membosankan di Tokyo dan membuatnya menjadi lebih berwarna.

6. Paranormal Activity

budget film © 2016 brilio.net-foto: vignette

Film ini jadi paling paling horor dan legendaris di dunia perfilman horor dunia. Film yang rilis tahun 2007 ini pasti pernah membuatmu was-was dan juga penasaran apa yang sebenarnya terjadi rumahmu sepanjang malam. Kamu pasti terkejut, kalau tahu budget pembuatan film ini ternyata hanya sekitar Rp 200 juta dan sukses menjadi film box office dengan pendapatan Rp 2,6 Triliun.

7. Paranormal Activity 2

budget film © 2016 brilio.net-foto: collider

Kesuksesan film Paranormal Activity juga berlanjut dalam seri kedua ini. Di film ini kamu bisa menemukan bahwa roh jahat itu memang tak pilih-pilih saat menyerang. Siapa yang nggak merinding nonton film ini? Film ini pun tak kalah "hemat" dari film terdahulu, karena hanya menghabiskan dana Rp 40,7 miliar dengan pendapatan Rp 2,4 triliun.

8. Insidious 1

budget film © 2016 brilio.net-foto: shortlist

Film yang ditulis oleh Leigh Whannell, tahun 2011 ini menceritakan seorang anak laki-laki yang dirasuki roh jahat dan harus membuatnya membunuh banyak orang. Film ini pun ternyata tak menggunakan banyak dana dan hanya sekitar Rp 2 miliar serta memperoleh pendapatan sebesar Rp 468 miliar

9. The Devil Inside

budget film © 2016 brilio.net-foto: reelz

Kamu harus percaya, jika tidak ada siapaun didunia yang benar-benar "aman". kamu tak akan tahu makhluk jahat itu ada disekitarmu dan sedekat apa denganmu. The Devil Inside ini pun bisa dibilang sebagai film box office "murah" dengan keuntungan tinggi. Film ini hanya memakan budget sebesar Rp 13,5 miliar dengan pendapatan Rp 1,4 triliun.

10. The Gallows

budget film © 2016 brilio.net-foto: imbd

Siapa sangka jika film yang baru saja tayang tahun lalu ini pun hanya memerlukan biaya yang sedikit. ini hanya sekitar Rp 1,3 miliar dengan pendapatan Rp 583 miliar. Film ini menceritakan sekelompok siswa SMA yang sepakat mengadakan drama dengan cerita misterius dari 20 tahun lalu. Bukannya sukses, malah acara drama yang mereka rencakan berakhir bencana