1. Menutup kemungkinan memiliki anak.

pernyataan gitasav soal child free © instagram

foto: Instagram/@gitasav

Memasuki usia pernikahan kelima tahun, Gita Savitri dan Paul Andre masih tetap dengan pendirian mereka untuk tidak memiliki anak. YouTuber yang kini tinggal di Jerman itu mengungkapkan akan menutup kemungkinan untuk memiliki anak. Bahkan, ia dengan tegas memastikan jika hal tersebut tak mungkin terjadi.

"Di kamus idup gw 'tiba-tiba dikasih' is very unlikely. IMO lebih gampang ga punya anak daripada punya anak...karena banyak banget hal preventif yg bisa dilakukan untuk tidak punya. This scenario is very very verrry unlikely to happen," terangnya.

2. Mengabaikan komentar negatif orang lain.

pernyataan gitasav soal child free © instagram

foto: Instagram/@gitasav

Kala itu, ada warganet yang menanyakan cara menghadapi orang-orang yang kontra terhadap keputusannya tidak memiliki anak. Meski mendapatkan banyak kritik, Gitasav tak ingin menanggapi dan ambil pusing terhadap komentar orang lain.

"Kalo kontra yang waras mah biasa aja. Kalo ga waras, yg udah nagging-guilt-trip bawa-bawa agama, yang udah "alaah sok idealis masak sih ga mau" ya gw tambah menikmati hidup dong!" tegasnya.

3. Orang yang kontra childfree karena tersiksa mengurus anak.

pernyataan gitasav soal child free © instagram

foto: Instagram/@gitasav

Tak sedikit netizen sesama wanita yang melemparkan kritik pedas atas keputusannya. Menurutnya, orang yang tidak menyukai keputusannya childfree karena lelah dan tersiksa mengurus anak. Sehingga, ia dengki dengan orang yang tak ingin memiliki anak.

"Ibu-ibu julid kek gitu bakalan makin dengki kl liat org yg ga punya anak trs hepi. Karena dia sebenernya lelah, letih, lesu, dan tersiksa gitu mesti ngurus anaknya tapi ga mau ngaku makanya dengki. Kalo dianya happy dan content dengan pilihan hidup dia, yaitu beranak, gak akan ganggu orang yang gak mau beranak," begitu jawaban Gitasav yang menuai komentar pedas warganet.