Brilio.net - Bagi kamu penggemar grup lawak Srimulat, tentu sudah tidak asing dengan nama Kadir. Pelawak senior kelahiran 3 September 1951 itu merupakan salah satu angggota favorit dan yang paling ditunggu-tunggu aksinya ketika grup Srimulat tampil.

Pria yang khas dengan logat Maduranya ini selalu berhasil membuat tertawa terbahak-bahak berkat kecerdikannya menyajikan setiap komedi yang segar. Kadir memulai kariernya di dunia komedi sejak 16 tahun. Saat itu Kadir memutuskan tidak melanjutkan sekolahnya setamat SMP, ia memilih mencari peruntungan lewat bekerja sebagai tukang tarik layar sebuah gedung pertunjukkan pada 1967.

Pada saat itulah dirinya mulai sering menyaksikan penampilan Srimulat. Tak hanya tertarik menonton, Kadir berniat untuk bergabung bersama grup komedi yang melegenda itu. Sejak momen itu, akhirnya karier Kadir sebagai seorang pelawak dimulai.

Kariernya yang panjang, tak berarti mulus-mulus saja bagi seorang Kadir. Dirinya kerap mengalami jatuh bangun. Sempat melesat pada medio 90-an, stagnan pada era 2000-an, kini Kadir tetap tegar menjejaki kariernya sebagai seorang komedian.

Baru-baru ini Kadir menceritakan kisahnya yang cukup membuat bersimpati. Lewat kanal YouTube Deddy Corbuzier, Kadir menceritakan ia sempat mengalami gangguan jantung sehingga harus mengeluarkan biaya yang terlampau besar. Hal itu menjadi masalah besar lantaran dirinya tak punya pekerjaan selama 5 tahun. Terpaksa, Kadir pun harus rela menjual banyak asetnya untuk membiayai pengobatan dan kehidupan keluarga sehari-hari.

Nah, dirangkum brilio.net pada Minggu (3/7), simak 11 potret perjalanan karier Kadir Srimulat, dari miskin, sampai miskin lagi.

(brl/jad)