Brilio.net - Bagi kamu pencinta komedi Indonesia, pasti tidak asing dengan grup lawak Srimulat. Grup lawak tersebut didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo pada 1950 silam. Nama Srimulat sendiri diambil dari nama istri Teguh pada saat itu.

Srimulat merupakan salah satu grup lawak yang masih bertahan hingga saat ini. Grup lawak itu juga yang jadi pelopor seni pertunjukan di Indonesia yang lahir dari kesenian tradisional, seperti Keroncong dan Ludruk.

Awalnya, pemeran asli Srimulat memulai karier mereka di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, mereka bertransformasi menjadi mega bintang di Indonesia pada pada era 1980-an dan 1990-an, dengan puluhan juta penggemar yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai grup komedi pertama yang berhasil tampil di televisi nasional, lelucon Srimulat rupanya dinilai masih relevan di kehidupan generasi muda. Hal itu membuat MNC Pictures dan IDN Pictures mengangkat kisah Srimulat ke layar lebar.

Film bertajuk Srimulat: Hil yang Mustahal mengangkat perjalanan grup lawak legendaris yang begitu populer di Jawa Timur dan Jawa Tengah itu. Mereka kemudian diminta ke Jakarta untuk tampil di TVRI pada 1981 hingga menamai grup lawak pertama yang berhasil tampil di televisi nasional.

Sang utradara Fajar Nugros mengatakan Srimulat mewariskan tawa pada Indonesia, tawa ini akan kami hidupkan kembali menjadi sebuah film bergenre komedi.

“Film ini akan mengingatkan lagi pada bangsa besar ini, tentang mengapa kita dulu bersatu menjadi Indonesia tanpa meninggalkan jatidiri kita yang terdiri dari berbagai suku bangsa di negeri ini. Ini saatnya Indonesia kembali tertawa!,” ucap Fajar kepada media.

Fajar mengatakan film ini akan dibintangi aktor dan aktris berbakat. Berikut adalah daftar nama aktor dan aktris yang akan membintangi film Srimulat: Hil yang Mustahal seperti dirangkum brilio.net dari konferensi pers, Selasa (7/12).

1. Bio One sebagai Gepeng

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@bojvoyej

Dalam film ini, Bio One berperan sebagai Gepeng. Agar terlihat mirip seperti Gepeng, Bio One pun menguruskan badannya. Dia harus menjalani diet ketat, bahkan terbilang ekstrem.

"Bisa aja dalam sehari nggak makan, bisa tiga hari. Nggak ada ganti. Paling minum. Minum harus," ujar Bio One kepada media.

Mantan Anya Geraldine itu menilai metode tersebut tak baik sehingga dia minta jangan ditiru oleh orang lain. Sebab, dia sama sekali tak melibatkan seorang ahli gizi dalam dietnya.

2. Elang El-Gibran

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@elangelgibran

Elang El-Gibran didapuk sebagai Basuki di film ini. Berperan sebagai sosok legendaris di dunia komedia, Elang menagku deg-degan.

3. Dimas Anggara

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@dimasanggara

Berperan sebagai timbul di film ini, Dimas anggara mengaku takut. Namun ia akan menekuni perannya itu.

“Awalnya takut karena mereka profesional banget. Srimulat disebut sebagai pemersatu bangsa dengan lawakannya. Takut gagal, tapi untungnya director yang sangat membantu,” ucap suami Nadine Chandrawinata itu.

4. Ibnu Jamil

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@ibnujamilo

Ibnu jamil berperan sebagai Tarsan dalam film ini. Suami dari Ririn Ekawati itu mengatakan bermain di film ini menjadi beban untuknya, sebab karakter para pemain Srimulat sangat kuat.

“Akan jadi tantangan tersendiri buat kita. Apa yang dikasih akan dijalani, mulai dari workshop, hingga research. Kita juga cari data-data tentang Srimulat. Meskipun beban, tapi sebuah penghargaan juga bisa terpilih bermain di film ini,” tuturnya.

5. Rifnu Wikana

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@rifnuwinakaa

Rifnu mengaku kesulitan berperan sebagai Asmuni. Namun untungnya ia banyak dibantu oleh tim sehingga bisa memperdalam karakternya itu.

6. Erick Estrada

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@filmsrimulat

Erick mengatakan berperan sebagai Tessi bukan hal yang mudah. Hal itu terlihat dari fisiknya. Erick mengatakan untuk memerankan mendiang Tessi, ia harus menurunkan berat badannya.

“Persiapannya luar biasa, saya harus nurunin berat badan dari 75 ke 60 kilogram. Untungnya ada akting coach yang luar biasa,” kata Erick.

7. Zulfa Maharani

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@zulfamaharani

Berperan sebagai Nunung, Zulfa pun melakukan banyak riset. Ia juga banyak komunikasi dengan Nunung untuk bisa mendapatkan karakter yang pas.

8. Morgan Oey

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@morganoey

Morgan Oey memerankan tokoh Paul, ia merasa senang meski kurang referensi Srimulat saat kecil. Namun melihat teman-temannya aktor dan aktris lainnya mengerjakan ini dengan ikhlas ia pun belajar untuk mendalami perannya.

9. Rukman Rosadi

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@filmsrimulat

Sosok Teguh di Srimulat diperankan oleh Rukman Rosadi. Ia pun mendalami perannya dengan mencari refrensi untuk bisa menjadi sosok Teguh.

10. Erica Carl

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@eri.carl

Erica Carl berperan sebagai Djukdjuk dalam film ini. Ia merasa bangga bisa terlibat dalam film tersebut, sebab film Srimulat memberikan keberagaman dan kesatuan.

11. Indah Permatasari

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@indahpermatas

Pemeran Royani dalam film tersebut mengaku senang bisa terlibat dalam film itu meskipun karakternya bukan tim Srimulat.

12. Naimma Aljufri

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@naimmaljufri

Naimma Aljufri pemeran Ana mengaku belum lama tahu tentang Srimulat, tapi mendapat banyak bantuan dari tim.

13. Rano Karno

Pemain film Srimulat Instagram

foto: Instagram/@si.rano

Aktor Senior Rano Karno juga terlibat dalam film Srimulat: Hill. Di film ini, ia berperan sebagai Babeh Makmur.

*

INFOGRAFIS FILM SRIMULAT: HIL YANG MUSTAHAL © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FILM SRIMULAT: HIL YANG MUSTAHAL-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/guf)

(brl/guf)