Brilio.net - Film Sepeda Presiden merupakan film keluarga yang mengisahkan anak-anak Papua yang berjuang untuk meraih mimpi-mimpinya. Film ini mengambil lokasi syuting langsung di lima pulau berbeda di Papua.

Selain itu, film ini menjadi pertanda 40 tahun Garin Nugroho sebagai sutradara dalam dunia film. Baginya, film ini punya makna penting bagi dirinya untuk terus menyuarakan kemanusiaan.

Film Sepeda Presiden akan diperankan oleh Ariel Tatum yang menjadi pemeran utama film ini. Dalam film ini, Ariel Tatum akan menjadi seorang yang banyak belajar dari anak-anak Papua yang dianggapnya memberi pelajaran baru bagi hidupnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Minggu (5/12), berikut 7 fakta film Sepeda Presiden, tanda 40 tahun berkarya Garin Nugroho.

1. Shooting dilakukan di 5 pulau di Papua.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: imdb.com

Syuting film Sepeda Presiden dilakukan di lima berbeda di Papua. Di antara pulau yang menjadi lokasi syuting tersebut seperti Pulau Doom, Raja Ampat. Garin mencatatkan kalimat yang sangat kuat dalam proses pembuatan film ini.

“Setiap wilayah budaya memiliki tubuh sebagai pustaka akting yang berbeda. Tubuh Papua adalah tubuh menari dan menyanyi. Selalu memberi inspirasi bekerja sama dengan komposer, vokalis, dan dancer Papua. Gerak kaki yang menghidupkan bumi,” ungkap Garin dalam postingan Instagram pribadinya.

2. Film ini merupakan film 40 tahun Garin Nugroho berkarya.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Sepeda Presiden menjadi film yang menandakan proses Garin Nugroho selama di dunia film.

“Sepeda Presiden film anak dan keluarga yang penuh dengan kelucuan, kegembiraan dan lagu-lagu indah serta peristiwa kemanusiaan yang hangat,” ujar sutradara Kucumbu Tubuh Indahku seperti yang dilansir dari Liputan6.com (4/12).

3. Film Sepeda Presiden sebagai momen kebahagiaan.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: Instagram/@garin_film

Bagi Garin, sesulit apa pun proses membuat film harus dikerjakan dengan kegembiraan dan kebersamaan. Ia yakin bahwa hal ini akan menjadi persembahan terbaik untuk orang yang menikmati film ini.

"Mencipta film adalah tentang kegembiraan dan kebersamaan di tengah situasi sulit apa pun," ujarnya saat melakukan proses syuting di Raja Ampat, Papua.

4. Ariel Tatum yang menjadi pemeran utama film ini merasa bahagia.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: Instagram/@garin_film

Menjadi pemeran utama dalam film Sepeda Presiden ini, merupakan hal membahagiakan bagi Ariel Tatum. Momen ini menjadi momen pertamanya untuk menginjakkan kaki di Papua. Selain itu, selama proses syuting berlangsung, Ariel Tatum tampak bahagia sekali.

"Excited banget pastinya sampai nanya langsung ke mas Garin, benar nih ada project ini dan syutingnya di Papua juga," ungkap Ariel Tatum saat konferensi pers jelang syuting yang dilansir dari Fimela.com (28/9).

5. Ariel Tatum mabuk laut saat syuting.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: Instagram/@arieltatum

Saat menjalani syuting di Papua, Ariel Tatum sempat mabuk laut. Hal ini tentu saja menjadi pengalaman yang menantang buat dirinya.

"Lumayan sulit ya di sana karena aku mabuk laut parah banget," jelasnya. "Sekarang perjalanan laut udah biasa. Sekarang aku udah nggak mabuk laut. Saya sudah jadi anak pantai," ucap Ariel Tatum seraya tertawa dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Minggu (14/11/21).

6. Ariel Tatum Nyanyikan lagu Risau yang Soundtrack film Sepeda Presiden.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: Instagram/@arieltatum

Ariel Tatum menyanyikan lagu berjudul Risau. Lagu karya Bona Pascal dan Garin Nugroho ini mengungkapkan perasaan risau yang mungkin dialami semua orang dalam hidupnya, sebelum akhirnya memilih sebuah jalan hidup yang baru.

"Bagian lirik ini seakan mengungkapkan bagaimana perasaan tak tentu yang dihadapi seseorang, saat semua dalam kehidupannya sedang tidak baik-baik saja," kata Garin Nugroho dalam jumpa pers virtual, Minggu (14/11/2021).

7. Poster resmi sudah dirilis di acara Bali International Film Festival.

Fakta film Sepeda Presiden berbagai sumber

foto: imdb.com

Poster resmi film Sepeda Presiden sudah dirilis di acara Bali International Film Festival (Balinale) yang diselenggarakan di XXI, Park 23, Minggu (14/11/2021). Film ini diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio dan akan tayang pada Natal, 25 Desember 2021 mendatang.