Brilio.net - Boleh jadi di antara kamu banyak yang kesal ketika ruangan di rumah berantakan karena berbagai barang berserakan. Kamu  tambah kesal dengan kebiasaan anggota keluarga yang seringkali tak pernah mengembalikan barang yang sudah dipakai ke tempat semula.

Kalau sudah begitu, kamu akan bingung saat barang tersebut ingin digunakan kembali. Karena itu, kedisiplinan untuk menaruh kembali barang yang sudah dipakai sangat penting.

Selain itu, kamu dan anggota keluarga juga harus sering membersihkan ruangan. Nah biar nggak membuat kamu kesal, ada baiknya kamu harus pandai mengorganisir barang-barang yang ada di rumah. Berikut tips menyimpan barang agar ruangan terlihat lebih rapi dan bersih.

1. Kelompokkan barang sesuai fungsi

Tips menyimpan barang © 2020 brilio.netnytimes.com/Shade Degges

Loading...

Letakkan barang sesuai dengan fungsinya secara berkelompok misalnya buku dengan buku, alat tulis dan dokumen menjadi satu, dan barang lainnya sesuai dengan fungsinya. Yang harus kamu perhatikan adalah jangan sungkan untuk memisah atau membuang barang yang dirasa sudah tidak diperlukan. Lakukan hal ini secara terus menerus sampai menjadi kebiasaan baik kamu.

2.Simpan perkakas dengan praktis

Tips menyimpan barang © 2020 brilio.netbobvila.com/amazon.com

Usahakan mengorganisir perkakas lebih praktis. Garasi tidak hanya jadikan sebagai tempat menaruh kendaraan saja namun juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menaruh berbagai macam perkakas, sepeda, peralatan untuk berkebun, ban, sampai dengan tangga. Nah agar garasi tidak terlihat seperti gudang dan suasananya suram, kamu bisa mengorganisir barang-barang yang ada dengan cara berikut ini.

  • Pasang banyak rak ambalan dan juga rak bersusun untuk menaruh berbagai barang. Tapi jangan meletakkan barang di atas rak begitu saja namun cobalah untuk menyusunnya secara rapi.
  • Kamu bisa mengaturnya dengan memasang paku, pengait, atau gantungan kecil di dinding untuk menggantung berbagai macam perkakas dan barang.
  • Kamu bisa menaruh rak yang berfungsi sebagai organisir semua barang yang tidak rapi sebelumnya.
  • Kamu bisa menyusun barang dengan cara vertikal menggunakan rak penyimpanan yang vertikal pula untuk bisa menghemat ruangan agar tidak terasa sempit.
  • Supaya tidak berceceran kamu bisa menaruh paku dan juga benda-benda tajam yang ukurannya kecil di wadah kecil.

3. Organisir pakaian di lemari

Tips menyimpan barang © 2020 brilio.netmfirsthome.com

Usahakan pakaian disusun rapi di lemari. Banyaknya tumpukan pakaian di lemari baju ini memang akan sangat merepotkan di mana dalam waktu sebulan ada saja pakaian yang bisa masuk ke dalam lemari dengan ruang yang terbatas. Untuk bisa mengorganisir lemari pakaian kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

  • Susunlah pakaian sesuai dengan model bajunya, misalnya tumpukan pertama isi lipatan kemeja. Kemudian dilanjutkan dengan kaos, celana pendek, dan seterusnya. Ada baiknya jika kamu menyortir pakaian agar ketika memakainya mudah untuk dicari.
  • Jika pakaian terlalu banyak, ada baiknya kamu menyortir dan mengelompokkannya dengan menggunakan penyimpanan berupa kotak atau boks untuk menaruh pakaian agar semua isi lemari rapi.
  • Laci juga harus diorganisir agar teratur. Kamu harus bisa memisahkan antara tumpukan pakaian dalam, kaos kaki, handuk kecil yang menggunakan pembatas atau pemisah.
  • Khusus pakaian formal dan juga dress ada baiknya jika kamu menggantungnya agar baju lebih awet dan juga lebih tahan lama.

4. Barang di kamar mandi

Tips menyimpan barang © 2020 brilio.netdaz3d.com

Kamar mandi sangat penting untuk diperhatikan kerapian dan kebersihannya. Barang di kamar mandi tidak boleh berserakan. Letakkan sabun, shampo, sikat gigi, face wash, lulur, dan juga berbagai macam produk di rak portable. Dianjurkan menggunakan rak portable yang ditempel di dinding agar semuanya rapi dan terorganisir. Karena lembab, penting bagi kamu untuk membersihkan agar terhindar dari lumut.

5. Menata sepatu dan sandal

Tips menyimpan barang © 2020 brilio.netsimplyspaced.com

Jika kamu ingin ruangan atau rumah selalu rapi hal yang juga harus diperhatikan adalah penyimpanan sepatu dan sandal. Kamu bisa membeli etalase atau rak sepatu dan sandal. Nah untuk menempatkannya usahakan memperhatikan estetika ruangan agar tidak merusak keindahan ruangan.

Untuk membuat rumah rapi dan bersih, kamu bisa memanfaatkan Rupa-Rupa, platform e-commerce home living yang menyediakan berbagai macam perlengkapan rumah, furniture, dapur, perlengkapan kamar tidur dan kamar mandi, dan masih banyak lagi lainnya. Banyak penawaran menarik dalam platform ini seperti buy 1 get 1, penawaran spesial dengan diskon terbaik, dan masih banyak lagi.

Lakukan beberapa tips menyimpan barang agar ruangan terlihat lebih rapi dan bersih di atas dan gunakan produk Rupa-Rupa, dijamin rumah kamu akan semakin bersih dan tertata rapi.