×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Inspirasi penataan ruangan agar rumah lebih luas, praktis

View Image

0

BRILIO » Rumah

10 Inspirasi penataan ruangan agar rumah lebih luas, praktis

Mudah diterapkan untuk hunian berukuran kecil.

06 / 12 / 2018 14:21

Brilio.net - Setiap rumah pasti memiliki desain yang beraneka ragam. Mulai dari tema rumah yang bergaya tropical, industrial, scandinavia, hingga minimalis. Ada orang yang menginginkan ukuran rumah besar, namun ada juga yang justru memilih ukuran kecil.

Rumah dengan desain ukuran yang kecil mulai banyak dimiliki orang Indonesia. Hal tersebut disebabkan keterbatasan bidang tanah. Nggak heran kalau orang Indonesia banyak memiliki rumah mungil. Namun demikian, memiliki rumah mungil punya kekurangan. Ukuran ruang yang sempit terkadang bisa membuat kurang leluasa untuk bergerak. Bahkan di kondisi tertentu, ruangan sempit bisa jadi memengaruhi tingkat stres yang lebih tinggi, lho.

Untuk mengatasi ruangan rumah yang sempit, kamu sebenarnya bisa melakukan beberapa cara dalam menata benda dan dekorasi rumah. Pemilihan warna barang, pemanfaatan benda yang multifungsi, dan penggunaan sudut ruangan adalah beberapa contoh hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi rumah sempit.

Untuk informasi selengkapnya terkait penataan rumah yang sempit, berikut brilio.net punya rangkumannya yang dilansir dari brightside.me, Kamis (6/12).

1. Pilih furnitur yang praktis.

desain rumah sempit brightside.me


Ketika memilih furnitur untuk apartemen atau rumah yang kecil, pastikan ukurannya ringan. Selain itu pilih perabot rumah yang memiliki desain praktis. Contohmua perabotan transparan dan memiliki kaki yang tipis.

2. Pilih warna cerah.

desain rumah sempit brightside.me


Untuk ruangan dengan ukuran kecil, pilihlah warna-warna cerah seperti biru muda, hijau muda, merah muda, krem, dan abu-abu terang. Warna tersebut akan membuat ruangan terkesan tidak begitu padat.

3. Jangan beli furnitur kecil.

desain rumah sempit brightside.me


Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah ketika mendekorasi ruangan kecil dengan furnitur kecil. Ini sebenarnya justru memiliki efek sebaliknya. Dengan furnitur kecil justru membuat ruangan jadi semakin sempit. Tambahkan beberapa barang berukuran besar untuk menjaga keseimbangan pemandangan ruang.

4. Gunakan cahaya yang tepat.

desain rumah sempit brightside.me


Untuk menerangi ruangan dengan benar, jangan membeli lampu gantung besar. Pilih lampu kecil yang bisa dipasang di berbagai sudut langit-langit ruangan agar cahayanya dapat tersebar merata.

5. Furnitur multifungsi.

desain rumah sempit brightside.me


Pilih furnitur yang bisa digunakan secara multifungsi. Satu benda biasanya bisa memiliki banyak kegunaan, seperti tempat tidur juga bisa berupa rak dan sofa.

6. Tanpa batas.

desain rumah sempit brightside.me


Cobalah untuk tidak memasang lantai dengan warna atau motif yang berbeda dalam satu ruangan, karena itu justru  akan membuat ruang terlihat semakin sempit.

7. Gunakan ruang pojokan.

desain rumah sempit brightside.me


Hanya sedikit orang yang biasanya menggunakan ruang pojokan untuk menempatkan benda-benda tertentu. Padahal sudut ruangan sebenarnya memiliki banyak kegunaan, seperti bisa untuk menempatkan buku-buku hingga sampai titik tertinggi ruangan itu. Ini pastinya bisa lebih menghemat ruang.

8. Gunakan ruang dengan benar.

desain rumah sempit brightside.me


Untuk menampilkan ruangan yang lebih luas, kamu bisa memilih lemari atau rak yang tinggi. Selain itu agar lemari tidak terlihat terlalu besar, kamu bisa pilih warna terang dengan body yang transparan.

9. Hindari menggunakan dekorasi kecil.

desain rumah sempit brightside.me


Banyaknya aksesori yang tidak berguna akan membuat ruang kecil terlihat lebih kecil. Kamu bisa menyimpan foto, patung, vas, dan suvenir ke dalam wadah cantik yang ringkas jika ingin memperindah ruangan.

10. Tidak perlu terlalu banyak karpet.

desain rumah sempit brightside.me


Kalau kamu suka karpet, pilihlah karpet yang tidak memiliki banyak warna dan motif. Karena karpet yang dipenuhi dengan berbagai warna dan motif justru akan membuat ruangan terlihat semakin padat dan sempit.




 

Logo sobri

Punya Event Sekolah
Yang Keren?

Isi 10 Pertanyaan Ini Dan Kami
Akan Carikan Sponsor Untukmu

Mulai Sekarang




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more