Brilio.net - Bagi masyarakat perkotaan khususnya untuk wilayah yang suhu udara di sekitar cukup panas, penyejuk udara (AC) menjadi salah satu peralatan rumah yang cukup penting. Selain untuk menyejukan ruangan, pendingin udara juga bisa membantu mengatasi masalah bakteri. Karena saat ini banyak AC yang memiliki fitur anti bakteri.        

Nah sebelum membeli AC, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui, agar AC tersebut tidak mudah rusak. Sebab tak sedikit keluarga yang ceroboh saat membeli AC. Alhasil, belum satu tahun berjalan AC sudah harus di-service.

“AC bisa dikatakan barang sekunder, bahkan tersier bagi sebagian kalangan. Karenanya perlu pengetahuan sebelum membelinya agar kelak tak menyesal dikemudian hari,” ujar CEO Selka.id, Irfan Lam.

Nah buat yang berniat membeli AC baru, berikut tips yang perlu kamu ketahui.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan rumah kamu

Loading...

Tips memilih AC © 2020 brilio.net

Pendingin udara memiliki banyak jenis dan daya. Tentunya jika kamu ingin membelinya, sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. Ada baiknya sebelum membeli, konsultasikan terlebih dulu kebutuhan ruangan dan sesuaikan dengan daya listrik yang terpasang di rumah kamu. Jangan sampai membeli AC dengan daya yang tinggi sementara daya listrik di rumah kamu kurang memadai. Akibatnya aliran listrik di rumah tidak kuat untuk menghidupkannya.

Nah bagi pelanggan yang masih bingung menentukan tenaga AC yang umumnya disebut PK (Paard Kracht atau daya kuda), bisa memanfaatkan PK kalkulator yang disediakan Selka.id.

Berikut lima jenis PK yang umumnya digunakan di berbagai ruang:

AC 0,5 PK—untuk ruangan seluas 10 m persegi

AC 0,75 PK—untuk ruangan seluas 14 m persegi

AC 1 PK—untuk ruangan seluas 18 m persegi

AC 1,5 PK—untuk ruangan seluas 24 m persegi

AC 2PK—untuk ruangan seluas 36 m persegi

2. Perhatikan jenis pipa AC

Tips memilih AC © 2020 brilio.net

Pipa pendingin udara yang berbahan tembaga merupakan bagian penting dari komponen AC. Nah pipa kerap menjadi bagian yang sering dikeluhkan pengguna,  ketika AC sudah digunakan dalam kurung waktu 6 bulan sampai 1 tahun. Alasan mendasarnya tentu kerusakan, korsleting, hingga penurunan kualitas AC yang digunakan.

Carilah penjual seperti Selka yang menyediakan tiga tingkatan pipa yang bebas dipilih pelanggan sebelum membeli yakni pipa basic, premium hingga elite yang masing-masing memiliki kualitas berbeda.

“Ketika membeli AC, hal yang harus diperhatikan adalah pipanya. Kami mencoba memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan, agar bisa memilih pipanya sendiri dengan varian grade yang berbeda-beda,” jelas Irfan.

3. Perhatikan sistem instalasi

Tips memilih AC © 2020 brilio.net

Setelah memilih dan memilah AC yang pas sesuai kebutuhan rumah, hal penting lain yang harus diperhatikan ialah instalasi AC. Terkadang ada toko AC yang melayani instalasi sesuai paket pembelian saja tanpa memperhatikan kondisi rumah. Sehingga ketika memerlukan tambahan pipa atau komponen lain, pembeli harus menambah barang belanjaan lagi.

4. Nggak perlu datang ke toko, tinggal klik lewat gadget

Tips memilih AC © 2020 brilio.net

Mengingat hari ini seluruh masyarakat Indonesia berada dalanm situasi pandemi Covid-19, proses pembelian juga harus dipertimbangkan. Apakah perlu datang datang langsung ke toko atau melalui pembelian online.

Nah buat kamu yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta yang kini kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskal Besar (PSBB), tentu saja mendatangi toko bisa berisiko tertular virus korona. 

Kini hampir semua brand dan toko membuka layanan pembelian online. Hal ini juga dilakukan Selka. Cukup transaksi dari rumah untuk membeli AC termasuk instalasinya bisa diatasi. Pelanggan cukup melakukan pembelian dari rumah, memilih bahan, sekaligus paket instalasi, hanya dari gadget. Kamu juga bisa tukar tambah AC bekas segala kondisi dan bisa pasang di hari Minggu loh.